NASA Temukan Planet Baru, Apa Bisa Dihuni Manusia?

INTREN.ID, WASHINGTON – TessNASA telah membuat penemuan baru. Pada pertemuan 235 American Astronomical Society di Honolulu beberapa waktu lalu, NASA mengumumkan misi pencarian planetnya dan telah menemukan planet pertama yang mungkin cocok untuk dihuni oleh manusia, selain Bumi.

Planet yang disebut TOI 700d, mengorbit di bintang (TOI 700) 100 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini hanya mempunyai 40 persen dari massa dan ukuran matahari, dan suhu permukaannya hanya setengah dari matahari.

Planet TOI 700d adalah salah satu dari tiga planet yang mengorbit bintang ini, dan jaraknya cukup untuk mendukung keberadaan air cair di zona layak huni bintang tersebut. Planet ini adalah yang terluar dari 3 tiga planet dan mengorbit bintang setiap 37 hari Bumi. TOI 700d menerima sekitar 86 persen energi yang diterimanya dari matahari.

Para astronom percaya bahwa planet ini “terkunci rapi”, yang berarti bahwa satu sisi darinya selalu siang hari. Para astronom mengonfirmasi temuan mereka menggunakan pengamatan pelacakan inframerah dari teleskop luar angkasa NASA, dan juga mensimulasikan lingkungan potensial planet untuk mempelajari lebih lanjut kelayakhuniannya.

- ADVERTISEMENT -

Dua planet lain dari sistem bintang adalah TOI 700b dan TOI 700c. Planet terdalam b, ukurannya sama dengan Bumi, terbuat dari batu dan mengorbit bintang itu setiap 10 hari Bumi.

Planet kedua c, dianggap gas, ukuran besarnya kira-kira sebesar Bumi atau Neptunus dan berputar sekali setiap 16 hari Bumi.

Terobosan lain oleh Tess adalah penemuan pertama sebuah planet yang mengorbit dua bintang, TOI 1338b, yang ditemukan 1.300 tahun cahaya. Ukuran TOI 1338b adalah antara Neptunus dan Saturnus.

Planet ini adalah satu-satunya planet dengan dua bintang yang telah ditemukan sejauh ini. Salah satu bintangnya 10 persen lebih besar dari matahari, dan yang lainnya lebih kecil dan lebih dingin. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.