Muncul Dua Klaster Baru, Pasien Positif Corona di Bontang Bertambah 17 Orang

INTREN.ID, BONTANG – Peningkatan pasien positif virus corona baru (Covid-19) di Bontang terjadi. Per hari ini, Jumat (4/9/2020) terjadi penambahan 17 orang pasien. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Diskesk) Bontang dr Bahauddin.

Dirinya menjelaskan, 15 kasus di antaranya merupakan dari dua klaster baru yaitu klaster Api-Api dan Klaster Loktuan. Masing-masing merupakan satu keluarga sementara dua kasus lainnya berasal dari klaster PKT.

“Selanjutnya disebut dengan kasus BTG 194 sampai BTG 310,” ujarnya.

Sampai hari ini, total pasien yang telah selesai masa isolasi atau dinyatakan sembuh sebanyak 102 orang. Ada yang meninggal dunia sebanyak empat orang, sementara itu pasien positif yang melakukan isolasi mandiri sebanyak 183 orang. Dan yang menjalani perawatan di rumah sakit yang tersebar di Bontang sebanyak 21 orang.

Bahauddin menyebut, berdasarkan analisis data oleh Gugus Tugas Covid-19 Nasional, per 30 Agustus 2020 lalu, Kaltim berada di peringkat dua nasional di bawah DKI Jakarta untuk kecepatan laju penambahan kasus baru Covid-19. Sedangkan untuk kecepatan laju kematian Covid-19, Kaltim berada di tingkat pertama.

“Semua pihak memiliki peran dan tanggung jawab dalam upaya melandaikan kasus khususnya di Bontang. Pemerintah bersama sektor terkait mengoptimal 3 T (Tracing, Testing, dan Treatment). Sementara masyarakat harus lebih disiplin melaksanakan 3 M (memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir),” urainya.

“Perlu upaya bersama dan sungguh-sungguh, saling peduli dan mengingatkan, agar Bontang kembali pulih,” tandas Bahauddin. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.