Mulai Hari Ini Semua Moda Transportasi Beroperasi Normal, Tetapi…

Demi Perekonomian, Maskapai Penerbangan Diminta Tak Angkut Pemudik

INTREN.ID, JAKARTA – Mulai Kamis (7/5/2020) hari ini semua moda transportasi direncanakan beroperasi seperti semula. Namun, diberlakukan pembatasan penumpang.

Hal ini sebagaimana ditegaskan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada Rabu (6/5/2020) saat rapat virtual dengan DPR RI.

“Kebijakan ini agar perekonomian nasional tetap berjalan. Namun kebijakan ini bukan berarti mencabut larangan mudik buat masyarakat,” kata Budi.

Dijelaskan, kebijakan tersebut merupakan penjabaran Peraturan Menhub (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idufitri Tahun 1441 Hijriah. Juga bagian dari penjabaran Surat Edaran dari Menko Perekonomian.

- ADVERTISEMENT -

“Dimungkinkan semua angkutan udara, kereta api, laut, bus untuk kembali beroperasi dengan catatan satu, harus menaati protokol kesehatan,” terang pria yang sebelumnya terinfeksi virus corona baru (Covid-19) itu.

Ketentuan dalam peraturan ini tidak mencakup semua jenis penumpang. Melainkan beberapa jenis penumpang yang dinyatakan boleh bepergian kecuali mudik selama pandemi Covid-19. Di antaranya yaitu pengusaha bidang logistik dan juga anggota DPR RI.

Kebijakan ini turut berdampak pada maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang akan kembali beroperasi. Dalam hal ini, Kementerian BUMN meminta Garuda yang akan kembali terbang pada Kamis ini untuk memenuhi aturan yang berlaku. Khususnya, jangan sampai mengangkut penumpang yang berniat untuk mudik.

“Ketika nanti dilakukan penerbangan tersebut, kami harapkan Garuda tetap melaksanakan hal-hal yang jadi protokol penerbangan, sehingga tidak melanggar juga,” sebut Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.