Mulai 6 Juni Mendatang, Mal-Mal di Jakarta Bakal Dibuka Lagi

INTREN.ID, JAKARTA – Pembatasan aktivitas sebagai dampak dari pandemi Covid-19 membuat roda perekonomian berhenti. Pemerintah pun menyusun panduan untuk menata kehidupan normal baru (new normal).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menerbitkan keputusan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Perkantoran dan Industri.

Menjelang berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta pada 4 Juni mendatang, Pemprov DKI Jakarta berencana membuka mal-mal mulai 6 Juni. Namun penerapan protokol kesehatan ketat harus dilakukan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia mengatakan, pihaknya tengah menyusun protokol untuk operasional berbagai kegiatan usaha di Jakarta.

Protokol yang dimaksud tak berbeda jauh dengan yang telah diterapkan kini. Seperti, menjaga jarak dan memakai masker.

- ADVERTISEMENT -

Kendati demikian, ada tambahan aturan untuk kalangan usaha. “Misalnya pengaturan jam buka karaoke di mal dan pembatasan kapasitas pengunjung,” jelasnya.

New normal juga diterapkan di sektor transportasi. Para pengelola bandara dan pelabuhan tengah menyiapkan layanan daring. Selain itu juga menyusun protokol kesehatan. (***)

 

Reporter: Lukman Maulana

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.