- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Mudik dari Palu, Tiga Warga Bontang Positif Tertular Corona

INTREN.ID, BONTANG – Penambahan kasus positif virus corona baru (Covid-19) kembali terjadi. Kali ini, tiga orang warga Bontang dinyatakan positif berdasarkan swab test, saat memutuskan mudik ke Kota Taman dari Luwuk, Palu, Sulawesi Tengah.

Diketahui ketiganya laki-laki dan kini dilabeli kode BTG 21 (30), BTG 22 (39), dan BTG 23 (33). Ketiga pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan dan pekerjaan yang sama, yakni sama-sama bekerja di salah satu perusahaan swasta di Sulawesi Tengah.

“Ketiganya ber-KTP Bontang,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang, dr Bahauddin, Kamis (30/7/2020).

Dipaparkan, sebelum ke Bontang ketiganya sempat melakukan rapid test di Palu pada 24 Juli lalu sebagai syarat perjalanan dan hasilnya non reaktif. Lalu pada 26 Juli, ketiganya berangkat menggunakan pesawat Lion Air dan tiba di Bandara Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan.

Berikutnya, ketiganya berangkat ke Bontang menggunakan mobil carter. Selama perjalanan, ketiganya sempat singgah di salah satu rumah makan. Lalu setibanya di Bontang, ketiganya langsung melakukan isolasi mandiri sesuai protokol kesehatan dari perusahaan.

- ADVERTISEMENT -

Berikutnya pada 27 Juli lalu, mereka melaporkan diri ke PSC. Pasien BTG 21 dan BTG 22 melaporkan, mereka pernah satu area kerja dengan teman yang meninggal terkonfirmasi positif Covid-19. Alhasil berinisiatif melakukan tes swab mandiri di klinik satelit RS PT Badak.

“Hari ini 30 Juli, hasil swab menunjukkan ketiganya terkonfirmasi positif tanpa gejala. Saat ini ketiganya sudah dipindahkan dari Hotel Sintuk ke RSUD Taman Husada untuk menjalani perawatan lebih lanjut,” paparnya.

Saat ini Tim Gugus Covid-19 Bontang juga masih terus melakukan tracing penelusuran kontak terhadap mereka yang pernah berhubungan dengan ketiga pasien ini. Di antaranya sopir travel, pegawai hotel, maupun teman-teman dekatnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.