Moda Transportasi Kembali Dibuka, RS Swasta di Bontang Buka Layanan Rapid Test

INTREN.ID, BONTANG – Konsekuensi dibukanya kembali berbagai moda transportasi oleh Pemerintah Pusat mulai 7 Mei 2020, membuat sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) di rumah sakit (RS) swasta di Bontang akhirnya membuka pelayanan pemeriksaan rapid tes dan penerbitan surat pernyataan sehat.

“Pelayanan ini bisa didapatkan di RS PKT, RS Amalia, RSIB Yabis, dan RSUD Taman Husada,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Bontang, dr Bahauddin, Rabu (13/5/2020).

Lebih lanjut Bahauddin memaparkan, tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, Posko PSC, dan Puskesmas saat ini hanya melakukan rapid tes untuk rujukan kasus dan penatalaksanaan kasus yang berkaitan dengan Covid-19. Seperti kontak erat kasus, orang tanpa gejala (OTG), orang dalam pemantauan (ODP), dan para pegawai fasilitas kesehatan atau petugas lain yang berhubungan dengan penanganan dan pencegahan Covid-19.

- ADVERTISEMENT -

“Kami hanya membuat surat pernyataan sehat berdasarkan data dan laporan di Posko PSC. Tidak membuat keterangan sehat untuk keperluan lain-lain,” tukasnya.

Sebagai informasi, belum lama ini Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan kelonggaran untuk seluruh moda transportasi kembali beroperasi. Baik angkutan udara, kereta api, laut, bus. Namun dengan catatan, tetap harus menaati protokol kesehatan. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.