Mobilitas Keluar Masuk Bontang Melonjak, Banyak yang Tidak Melapor

INTREN.ID, BONTANG – Di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19), terjadi lonjakan jumlah orang yang masuk ke Bontang. Ini dikatehui berdasarkan data dan grafik yang dirilis Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang dr Bahauddina memaparkan, sejak dibukanya kembali moda transportasi dan relaksasi pada beberapa kegiatan oleh pemerintah pusat, mobilitas masyarakat yang keluar masuk di Bontang dinilai tinggi.

“Namun sayangnya tidak semua warga yang baru datang melapor,” sesal Bahauddin.

Untuk itu perlu adanya kesadaran dan kerja sama semua pihak. Agar kegiatan monitoring warga pelaku perjalanan berjalan efektif. Guna memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kota Taman.

- ADVERTISEMENT -

“Isolasi mandiri bagi pelaku perjalanan adalah mutlak. Namun rendahnya disiplin melapor menjadi kekhawatiran tersendiri. Apakah para pelaku perjalanan benar-benar melakukan isolasi mandiri atau tidak,” bebernya.

Sesuai protokol kesehatan, untuk orang yang baru datang segera melaporkan diri ke PSC Call Center. Melalui telepon, whatsapp, atau tautan yang telah tersedia.

Usai melaporkan, orang tersebut akan ditetapkan dalam status monitoring dan mendapatkan penjelasan protokol kesehatan. Salah satunya terkait isolasi mandiri. “Juga akan dilakukan pemantauan kondisi secara mandiri maupun oleh petugas sesuai kondisi,” tukasnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.