Mitigasi Dampak Corona pada Sektor Riil, Ini Tiga Arahan Jokowi

Minta Lakukan Penilaian Cepat, Usaha Mikro Juga Perlu Dibantu

INTREN.ID, JAKARTA – Pandemi virus corona baru (Covid-19) berdampak besar pada industri di sektor riil. Karenanya, Presiden RI Joko Widodo memberikan tiga arahan terkait upaya mitigasi dampak Covid-19 terhadap sektor riil.

Menurut Jokowi, sektor riil menyerap banyak tenaga kerja. Sehingga diharapkan dapat bertahan dan tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Arahan pertama Jokowi yaitu perlu penilaian cepat terhadap sektor riil yang terkena dampak Covid-19. Yaitu dengan cara memilahnya secara detail terkait sektor apa yang terkena dampak paling parah, sedang, dan mana sektor yang mampu bertahan serta justru bisa mengambil peluang.

Arahan kedua, Jokowi mengingatkan yang harus dibantu bukan hanya sektor kecil dan menengah. Melainkan juga sektor usaha mikro. Sehingga stimulus ekonomi harus menjangkau sektor-sektor ini.

- ADVERTISEMENT -

“Jangan dilupakan yang berkaitan dengan sektor-sektor informal, karena ini juga banyak menampung tenaga kerja,” sebut Jokowi dalam rapat terbatas, Rabu (22/4/2020).

Arahan ketiga yaitu Jokowi meminta skema stimulus ekonomi bagi sektor riil ini betul-betul terbuka. Selain itu juga transparan dan terukur.

“Sektor apa mendapat stimulus apa dan bisa selamatkan tenaga kerja berapa. Semuanya dihitung dan saya minta diverifikasi detail, dievaluasi berkala sehingga efektivitas stimulus ekonomi betul-betul bisa dirasakan sektor riil,” terangnya.

Orang nomor satu di republik itu menyampaikan program mitigasi dampak Covid-19 pada sektor riil penting sekali. Karena sektor ini sangat terpukul oleh pandemi Covid-19. Sehingga dia menekankan perlunya penyelamatan dan stimulus ekonomi yang menyentuh sektor yang paling terkena dampak. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.