Merasa Belum Mendapatkan Keadilan, 21 Mantan Petugas Kebersihan Mengadu ke DPRD Bontang

INTREN.ID, BONTANG – Komisi I DPRD Kota Bontang kembali menerima aduan terkait pemutusan hubungan kerja (PHK). Kembali, mantan petugas kebersihan yang di-PHK oleh PT Citra Setiawan Mandiri meminta keadilan melalui wakil rakyat yang duduk di parlemen.

Kendati sembilan orang di antaranya dipertimbangkan untuk bisa bekerja kembali, namun tak juga membuat masalah selesai. Pasalnya mereka malah terancam akan kehilangan pekerjaan.

“Ternyata status mereka adalah pengalihan dari kontrak baru. Lalu mereka mendapat evaluasi dari pihak CSM. Kesimpulannya, ada di-PHK. Makanya, para pekerja itu menuntut diberikan pesangon sesuai aturan ketenagakerjaan,” jelas anggota Komisi I DPRD Kota Bontang, H Maming, Selasa (20/4/2021).

Sebab, lanjut politisi PDI Perjuangan itu, para karyawan itu sudah bekerja selama lima tahun. Kendati demikian, persoalan itu diharapkan dapat diselesaikan secara kekeluargaan. Karena jika sampai ke ranah hukum, tentu akan merugikan semua pihak.

“Rencananya, pekerja dan perusahaan akan difasilitasi oleh pemerintah untuk dilakukan musyawarah mufakat. Semoga ada titik temu antara kedua belah pihak dan persoalan itu tidak sampai ke ranah hukum,” katanya lagi. (***/adv)

Reporter: Herdianto

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.