Menyerah di Jalur Independen, Rian Ernest-Yusiani Mundur dari Bursa Pilkada Batam

INTREN.ID, BATAM – Setelah berjuang dan hampir melalui verifikasi faktual oleh Panitia Pemilihan Suara (PPS), akhirnya bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, Rian Ernest-Yusiani Gurusinga menyatakan menyerah. Mereka memutuskan mundur dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Batam 2020.

Menurut Rian, pihaknya telah mengambil keputusan yang logis dan realistis. Setelah melakukan pengamatan di lapangan dengan perjuangan yang dilakukan secara maksimal.

Dirinya mengakui, menjadi satu-satunya calon di jalur independen akan membutuhkan kerja keras. Yang mengharuskan pihaknya terus melakukan pengawasan proses verifikasi faktual melalui laporan harian dari para relawan yang dimiliki.

“Setelah kami mengamati secara seksama dan berdiskusi mendalam, kami mengambil kesimpulan bahwa belum berhasil meraih tiket Batam jalur independen,” ucap Rian didampingi Yusiani di Batam Centre, Kamis (9/7/2020).

- ADVERTISEMENT -

Pihaknya juga sudah menyiapkan petugas di lapangan untuk melakukan verifikasi. Dari penilaian verifikasi yang dilakukan, dirinya menemukan sejumlah fakta di lapangan yang tidak sesuai. “Beberapa alamat yang ada di KTP tidak mencerminkan di lapangan dan ada yang sudah pindah,” paparnya.

Bahkan ada sekira 70 persen yang tidak bisa ditemui. Angka tersebut menurutnya cukup signifikan. “Secara fair, kami akui teknis independen, kami sudah prediksi jalan ini tidak mudah,” ungkapnya.

“Dari hati kami yang terdalam, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh warga Batam serta relawan Batam Baru yang telah bergerak untuk kami. Dan kami juga memberikan apresiasi kepada KPU serta Bawaslu yang telah bekerja secara profesional,” ungkapnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.