Meningkat di Bulan Mei, Cadangan Devisa Indonesia USD 130,5 Miliar

INTREN.ID, JAKARTA – Cadangan devisa Indonesia mengalami peningkatan di bulan Mei lalu. Pada akhir Mei 2020, Bank Indonesia (BI) mencatat jumlahnya USD 130,5 miliar. Angka ini meningkat dibandingkan dengan posisi akhir April 2020 sebesar USD 127,9 miliar.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam keterangannya, Senin (8/6/2020) menjelaskan, posisi cadangan devisa tersebut setara pembiayaan 8,3 bulan impor atau 8,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Serta berada di atas standar kecukupan internasional sekira 3 bulan impor.

- ADVERTISEMENT -

“Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” urai Onny .

Menurut dia, peningkatan cadangan devisa pada Mei 2020 itu terutama dipengaruhi oleh penarikan utang luar negeri pemerintah dan penempatan valas perbankan di BI. Onny menyatakan ke depan BI memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap baik. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.