Menikmati Eksotisme Surga Bawah Laut di Cabo das Flores, Pernah ke Sana?

INTREN.ID, MAUMERE – Tak bisa dimungkiri bahwa keindahan pulau ini memang tiada duanya. Bahkan Antonio de Abreu, pelaut Portugis yang mendarat di sana tahun sekitar tahun 1512, dibikin jatuh hati.

Daratan yang dipenuhi bungan flamboyan membuatnya terpesona. Dia pun memberi nama daratan itu Cabo das Flores (Tanjung Bunga). Konon, nama itulah yang dipakai untuk menamai seluruh daratan Pulau Flores hingga sekarang.

Ya, Pulau Flores memang kaya akan potensi wisata. Salah satu yang bikin wisatawan pengin balik lagi adalah pesona bawah lautnya. Tak hanya kaya akan biota laut, namun juga keindahan terumbu karang yang luar biasa. Teluk Maumere tepatnya.

Terletak di Kabupaten Sikka, Teluk Maumere menyuguhkan destinasi bawah laut yang indah. Bahkan, kawasan itu disebut-sebut sebagai satu dari sembilan spot diving terbaik di Indonesia.

Keunikannya terletak di ekosistem teluk dengan beberapa pulau kecil yang ada di sekitarnya. Pulau Besar, Dambilah, Permaan, Pangabatang, Pemana Besar, hingga Pulau Babi menjadi tempat diving paling diburu.

Pemerintah setempat menjadikan diving sebagai “jualan” untuk wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Kawasan yang masih asri menjadi nilai plus. Hal itu didukung pula dengan keramahan masyarakat setempat.

Bahkan, pemerintah menetapkan Teluk Maumere sebagai Marine Nature Tourist Park. Dilarang keras menjalankan praktik pengeboman ikan. Untuk menjaga kelestarian alam, nelayan dialihkan menggunakan alat yang lebih ramah lingkungan.

Usai menghabiskan tenaga dengan menyelam, tidak ada salahnya menikmati wogi yang akan menggoyang lidah. Wogi terbuat dari ikan mbarase, ikan kecil yang ditangkap di laut selatan daerah Desa Paga dan Desa Wara.

Ikan mbarase tersebut dicuci, dicampur garam, dan disimpan dalam botol selama dua sampai tiga hari untuk kemudian diolah. Biasanya wogi diolah dengan campuran cabai, kemangi, bawang, kecap, dan bumbu lainnya untuk membuat sambal wogi yang rasanya nikmat.

Teluk Maumere yang kaya akan hasil laut juga mempunyai berbagai olahan ikan seperti dendeng tuna, abon tuna dan ikan bakar khas Maumere. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.