Mengacu Instruksi Pusat, Kemenag Bontang Siapkan Edaran Ibadah Ramadan di Rumah

Masih Melihat Perkembangan, Tak Ingin Terburu-Buru

INTREN.ID, BONTANG – Kementerian Agama (Kemenag) Bontang mengaku masih akan melihat perkembangan terkini terkait dengan penyebaran wabah virus corona (Covid-19) di wilayah Bontang.

Pihaknya tak ingin terburu-buru menerbitkan surat edaran ke masjid atau musala di Bontang yang salah satu isinya mengimbau jemaahnya untuk menyelenggarakan ibadah di rumah selama bulan suci Ramadan.

Ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kemenag RI nomor 6 tahun 2020 tentang panduan ibadah Ramadan dan Idulfitri 1 Syawal 1441 hijriah di tengah pandemi wabah Covid-19.

“Memang bulan Ramadan tinggal sebentar lagi. Namun kami masih melihat situasi lebih lanjut untuk di Bontang. Yang jelas kami sudah menyiapkan surat edaran yang isinya kurang lebih sama dengan yang ada di surat edaran Kemenag RI tersebut,” ujar Kepala Kantor Kemenag Bontang, Muhammad Isnaini, saat dikonfirmasi Selasa (14/4).

- ADVERTISEMENT -

Nantinya jika sudah mendekati Ramadan kondisi masih tidak memungkinkan, maka pihaknya pun akan mengeluarkan surat edaran untuk melakukan ibadah Ramadan di rumah masing-masing. Jika surat itu keluar, maka Kemenag meminta setiap masjid atau musala untuk mematuhi aturan tersebut.

“Tentu nanti kan juga ada imbauan dari Wali Kota bagaimana teknis lebih lanjutnya. Kita tunggu saja,” tukasnya.

Sebagai informasi, dalam Surat Edaran (SE) Kemenag RI nomor 6 tahun 2020 diberikan panduan tentang beribadah selama masa Covid-19 ini. Di antaranya, diminta untuk tetap melaksanakan puasa, melaksanakan sahur dan buka puasa di rumah dan tidak perlu melakukan buka puasa bersama (ifthar jama’i) dan sahur on the road, melaksanakan salat tarawih dan tadarus Alquran di rumah, mengatur mekanisme pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah, serta meniadakan peringatan nuzulul quran, iktikaf, takbiran keliling, salat idulfitri, dan halalbihalal. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih
Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.