Mencari Solusi Banjir Sangatta, Bangun Tanggul dan Normalisasi Sungai Sangatta Jadi Solusi Praktis (3/Habis)

INTREN.ID, SANGATTA – Banjir Sangatta belum juga ada penawarnya. Semua dibuat merana. Pemerintah dibuat tak berdaya, masyarakat kian menderita. Persoalan lama yang terus berulang saban tahun.

Persoalan banjir menjadi topik utama dalam Podcast Kopi Demokrasi bertema “Mencari Solusi Banjir Sangata”, garapan Jaringan Suara Nusantara dan intren.id. Berbagai solusi ditawarkan kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim).

Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kutim, Uce Prasetyo mengusulkan langkah prkatis menanggulangj banjir Sangatta. Yaitu membangun tanggul dan normalisasi Sungai Sangatta.

“Saya kira pemerintah sudah merencanakan penanggulangan banjir ini, saya berharap Pemkab Kutim punya itung-itungan manfaat dan biayanya, serta waktu dan kapan dilaksanakan. Antara normalisasi atau tanggul, semoga tahun depan sudah ada keputusan dari Pemkab Kutim,” kata Uce dalam acara yang dipandh Nirmala Yukiko itu.

Uce berharap Pemkab Kutim melakukan komunikasi insentif ke semua stakholders melalui eksekutif dan legislatif, dimulai dari jenjang provinsi dan pusat untuk mendapatkan anggaran terkait penanganan dan penanggulangan banjir Sangatta.

“Persoalan Kutim ini cukup banyak, bukan hanya banjir, kita harus memikirkan juga infrastruktur jalan. Jalan ke Bengalon masih rusak, jalan ke Rantau Pulung juga masih rusak. Itu juga yang perlu dipikirkan. Jika anggaran terlalu banyak masuk ke Sungai Sangatta dan itu adalah tanggung jawab provinsi kayaknya kurang tepat,” kata Uce.

Dia menambahkan, langkah praktisnya membangun tanggul. Di mana, pemerintah tinggal memetakan, mana yang susah karena masalah sosial dan tidak.

“Saya berharap dimulai saja dari paling mudah, paling murah, dan paling efektif untuk mencegah banjir. Setidaknya, banjir yang skala 7,2 M. Maksimal tahun depan pemkab sudah punya langkah konkret dan bisa mengeksekusi program penanggulangan bencana banjir, baik itu normalisasi, tanggul, dan sodetan,” tutup Uce. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.