Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Safaruddin: Kaltim Adalah Cermin dari Perwujudan Persatuan dan Kesatuan Bangsa

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Hari Kesaktian Pancasila diperingati pada 1 Oktober 2021. Bertepatan dengan Jumat hari ini. Nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang abadi hingga kini.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Drs H Safaruddin mengatakan, Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Oleh karena itulah harus dijadikan sebagai pandangan hidup.

“Apa maksud dari Pancasila sebagai pandangan hidup? Itu artinya kita menjadikan Pancasila sebagai pedoman di setiap hal yang kita lakukan. Dengan demikian, persatuan dan kesatuan bangsa akan tercapai,” tutup anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu menambahkan, implementasi dari pembudayaan Pancasila sudah diterapkan di Kaltim. Bumi Etam merupakan miniatur Indonesia. Beragam suku, agama, ras, dan budaya membaur di timur Borneo. Namun masyarakatnya bisa hidup rukun, damai, dan berdampingan karena memegang teguh Pancasila.

“Kaltim adalah cermin dari perwujudan persatuan dan kesatuan bangsa. Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, saya mengajak seluruh masyarakat Kaltim, dan Indonesia pada umumnya, untuk mempertahankan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam setiap sila Pancasila,” kata Kapolda Kaltim 2015-2018 itu.

Safaruddin mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terus menanamkan makna Pancasila dalam diri, serta memahami wujud implementasinya. Selain itu, menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kesehariannya agar seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Kaltim, tertanam jiwa patriot yang Pancasilais.

“Kaltim adalah barometer dari terwujudnya kerukunan dan keberagaman. Kaltim sebagai calon ibu kota negara harus menunjukkan, bahwa persatuan dan kesatuan itu adalah sebuah keniscayaan. Kita buktikan bahwa masyarakat Kaltim memegang teguh nilai-nilai luhur Pancasila, dan siap menjadi ibu kota negara,” tegas sosok yang digadang-gadang sebagai calon Gubernur Kaltim itu. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.