Memasuki New Normal, Restoran di Batam Siap Terapkan Protokol Kesehatan

INTREN.ID, BATAM – Dunia pariwisata Batam siap menyambut wisatawan dengan penerapan protokol kesehatan. Kesiapan tak hanya dari pelaku usaha perhotelan tetapi juga restoran.

Seperti yang tampak di satu restoran yang berlokasi di Bengkong. Restoran yang menyajikan menu makanan laut ini telah menerapkan beberapa langkah terkait adaptasi tatanan kehidupan baru.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata yang menyambangi lokasi tersebut mengungkapkan pengunjung yang datang langsung diperiksa suhu tubuhnya di pintu masuk restoran. Di pintu masuk juga sudah disediakan sarana cuci tangan.

“Setiap pengunjung diwajibkan menggunakan masker. Aturan ini sudah berlaku bagi seluruh karyawan restoran. Termasuk koki pun wajib mengenakan masker dan sarung tangan saat mengolah makanan,” ujar Ardi, Senin (6/7/2020).

Kemudian meja makan diberi sekat antar pengunjung untuk rombongan lebih dari satu orang. Sekat transparan ini juga terpasang di bagian kasir. Agar ada pembatas antar individu saat berinteraksi.

- ADVERTISEMENT -

Lalu, pada lantai di bagian kasir juga diberi tanda petunjuk tempat berdiri saat mengantre di kasir. Sehingga jarak antarpengunjung dapat terjaga.

“Sebagian besar restoran dan tempat makan lainnya di Batam sudah menerapkan protokol ini. Jadi wisatawan tak perlu khawatir. Mari datang ke Batam, kita berwisata di era new normal,” ungkapnya.

Persiapan matang juga dilakukan oleh Restoran Cinnamon Cafe di Grands i Hotel Batam. Sales and marketing Grands i Hotel Batam Andre mengungkapkan, protokol kesehatan sesuai edaran dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam telah ditetapkan sejak beberapa waktu lalu di cafe tersebut.

“Kami menjamin dan pastikan restorannya sangat nyaman dan terbebas Covid-19. Kami juga menerapkan protokol kesehatan kepada seluruh staf dan karyawan hotel,” sebut Andre. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.