- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Memasuki New Normal, Pengusaha Optimistis Roda Ekonomi Berputar Lagi

INTREN.ID, JAKARTA – Pandemi Covid-19 memang membuat rontok sektor ekonomi. Banyak pengusaha yang kewalahan, bahkan beberapa di antaranya gulung tikar.

Namun optimisme mulai muncul tatkala pemerintah memberlakukan tatanan kehidupan normal baru alias new normal. Meskipun tidak langsung mengerek roda ekonomi, namun pengusaha menyambut dengan positif.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani mengatakan, keputusan melakukan new normal sangat bijak. Momen itu akan dimanfaatkan oleh pengusaha untuk memulihkan perekonomian agar tidak mandek.

“Memang butuh waktu. Tidak langsung membaik. Dengan mengikuti protokol kesehatan, perusahaan mencoba bertahan di tengah pandemi,” beber Rosan.

Optimisme itu muncul tatkala pusat perbelanjaan mulai dibuka 15 Juni lalu. Jumlah pengunjung di mal mengalami peningkatan. Di situ mulai muncul transaksi ekonomi. Meskipun tidak sebanyak hari-hari biasa sebelum terjadinya pandemi, namun ada peningkatan jumlah pengunjung.

- ADVERTISEMENT -

“Ada peningkatan jumlah pengunjung. Jika sebelumnya hanya 20 persen yang datang, awal minggu ini sudah 30-40 persen pengunjung,” ujar Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Stefanus Ridwan.

Akibat dari penerapan new normal, aktivitas mulai terlihat. Dia mencontohkan, saat ini karyawan mal sudah bekerja lagi. Sementara pemasok barang sudah mulai memasukkan barang-barangnya ke toko.

“Memang tidak bisa simsalabim langsung membaik. Tapi ada peningkatan di banding saat masa pandemi. Semoga ekonomi Indonesia segera membaik,” katanya. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.