- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Memasuki Fase Kedua, Hari Ini Pariwisata Bali Dibuka untuk Wisatawan Domestik

INTREN.ID, DENPASAR – Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menyampaikan bahwa mulai Jumat (31/07/2020) hari ini, Bali akan memasuki fase kedua pembukaan pariwisata. Itu dilakukan setelah sebelumnya pada tanggal 9 Juli 2020, pariwisata Bali dibuka untuk masyarakat lokal Bali.

“Pembukaan pariwisata Bali untuk pasar domestik ini telah dipersiapkan dengan sangat matang, baik oleh para pelaku industri pariwisata, pemerintah maupun masyarakat. Bahkan mungkin bisa dikatakan jika Bali boleh dibuka untuk wisatawan internasional, Bali sudah sangat siap mengingat Bali tidak membedakan perlakuan penerapan protokol kesehatan baik bagi wisatawan mancanegara ataupun wisatawan domestik,” kata pria yang karib disapa Cok Ace ini.

Dia menambahkan, para pelaku industri pariwisata telah melakukan uji assessment serta sertifikasi bagi hotel ataupun tempat wisata yang telah memenuhi sertifikasi protokol kesehatan. Demikian pula dari pihak pemerintah daerah secara terus-menerus berupaya meningkatkan fasilitas penunjang pariwisata seperti layanan rumah sakit serta menerbitkan regulasi dalam upaya menciptakan kenyamanan serta keselamatan bagi wisatawan yang berwisata di Bali.

“Keterlibatan masyarakat, khususnya desa adat juga terus ditingkatkan. Semua elemen masyarakat bersatu padu, bersinergi dalam upaya membangkitkan kembali pariwisata Bali,” katanya.

- ADVERTISEMENT -

Sementara, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, dengan dibukanya Bali untuk wisatawan domestik, diharapkan bisa menjadi mercusuar bagi perkembangan pariwisata di Indonesia dan akan memberi gaung yang besar bagi kebangkitan kembali sektor pariwisata.

Untuk itu, Luhut meminta agar penerapan protokol kesehatan benar-benar diawasi dengan baik, sehingga pembukaan pariwisata Bali untuk domestik nantinya akan bisa dilanjutkan dengan pembukaan pasar internasional sesuai dengan waktu yang dijadwalkan pada Bulan September nanti.

“Kami juga mengajak semua pihak bergotong-royong secara terpadu. Di situasi sulit ini kita tunjukkan bahwa Indonesia satu. Ramai-ramai kita bergotong-royong mengatasi situasi ini,” imbau Luhut.

Hal senada juga disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio. Menurutnya, Bali merupakan destinasi kedua yang dibuka setelah Banyuwangi. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.