Melalui Pembelajaran STEAM, Sampoerna Academy Medan Rayakan Imlek

INTREN.ID, MEDAN – Sampoerna Academy Medan turut merayakan Imlek 2020 dengan semarak. Sebagai sekolah interkutural unggulan yang didukung dengan kurikulum yang disesuaikan di setiap jenjang pendidikan dari prasekolah hingga SMA (IEYC, Cambridge, IBDP), Sampoerna Academy Medan mengajarkan siswa-siswinya keberagaman budaya di dunia melalui perayaan Imlek dengan cara mengedukasi mengenai sejarah dan budaya Tiongkok.

Perayaan tahunan ini secara unik dilakukan melalui pembelajaran STEAM, yaitu metode pembelajaran nonkonvensional yang bertujuan menstimulasi pemikiran kritis siswanya dengan mengintegrasikan disiplin Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematics. Dengan metode STEAM, siswa-siswi Sampoerna Academy Medan diharapkan mampu mengembangkan keterampilan 5C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity dan Character).

Sampoerna Academy, sebagai salah satu sekolah interkutural tertua di Medan sekaligus merupakan pelopor STEAM berharap dengan perayaan Imlek,  siswa-siswi Sampoerna Academy Medan diajak untuk memperdalam pengetahuan budaya dan sejarah Tiongkok serta mengekspresikan pemahamannya melalui berbagai aktivitas STEAM. Misalnya seperti lion dance persembahan para siswa, dilanjutkan dengan peragaan busana pakaian tradisional Tiongkok, The God of wealth give out Hong Bao yaitu pembagian angpao oleh para guru dan menyalakan kembang api bersama di area lapangan Sampoerna Academy Medan Citra Campus.

- ADVERTISEMENT -

“Perayaan Imlek adalah satu tradisi yang dilakukan di enam kampus Sampoerna Academy. Momen istimewa ini kami manfaatkan untuk mengajarkan siswa-siswi kami metode pembelajaran STEAM.  Seperti enam kampus Sampoerna Academy lainnya, tema harmoni diangkat untuk selalu meningkatkan dan mengajarkan keselarasan antar pribadi, keluarga dan masyarakat, serta mengingatkan akan keragaman budaya yang dimiliki oleh Sampoerna Academy, sesuai dengan nilai 5C,” ujar Dr Mustafa Guvercin, Sampoerna Academy School Director.

Tidak hanya melibatkan para siswa dan guru, dalam acara perayaan Imlek ini pun penuh kebersamaan dan kegembiraan dengan mengajak orang tua turut berpartisipasi melalui sejumlah aktivitas bersama dengan anak. Kegembiraan dan kebersamaan itu tergambar jelas dari aktivitas seru seperti carrying the ball, passing the message, fishing, dan picking red bean with chopsticks.

“Melalui perayaan Imlek yang diadakan Sampoerna Academy Medan Citra Campus, dapat membantu meningkatkan kreativitas siswa-siswi melalui karya seni dan mendorong mereka tampil berani menunjukkan kemampuan dan menghargai keberagaman budaya yang ada, sehingga terwujud harmoni dan keselarasan antar pribadi, keluarga dan masyarakat. Sebagai pelopor STEAM, serta didukung dengan staf pengajar terakreditasi serta fasilitas sekolah yang sangat lengkap, Sampoerna Academy berharap melalui perayaan Imlek dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Medan dengan terus menghasilkan siswa-siswi berprestasi hingga tingkat global,” tutup Mustafa. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.