Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /home/u9471944/public_html/intren.id/wp-content/themes/publisher/includes/libs/bs-theme-core/theme-helpers/template-content.php on line 1178

Mau Punya Toko Alfamart Sendiri? Berikut Syarat, Modal, dan Ketentuannya

INTREN.ID, JAKARTA – PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk selaku pemegang merek Alfamart menawarkan skema kerja sama waralaba menguntungkan bagi pengusaha kecil dan menengah, serta masyarakat. Model bisnis Alfamart adalah menjual kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau dan berlokasi di sekitar wilayah perumahan, perkantoran ataupun fasilitas umum. Strategi tersebut menjadi daya tarik bagi konsumen dari berbagai lapisan demografi.

Skema waralaba menawarkan peluang untuk bergabung dengan operator-operator gerai ritel berpengalaman, dengan keberhasilan yang telah terbukti dan pengalaman di tingkat nasional, yang siap bekerja sama dengan semua calon terwaralaba untuk mengembangkan pasar.

Dalam skema tersebut, dukungan yang diberikan Alfamart mencakup:

  • Merek Alfamart yang telah dikenal luas.
  • Kemampuan merchandising dan pemasaran.
  • Tata kelola bisnis ritel yang telah terbukti, meliputi pengadaan karyawan, operasional, perpajakan dan pelaporan keuangan (bulanan dan tahunan), serta asuransi gedung dan barang pengadaan.
  • Sistem teknologi informasi (TI) Alfamart yang menyeluruh.
  • Sistem logistik dan manajemen persediaan.
  • Bisnis pelanggan dari membership.

 

 

  1. ALASAN MEMILIH ALFAMART

Pertumbuhan Gerai Alfamart yang Pesat

Sejak dibuka pertama kali di tahun 1999 dan diwaralabakan pada tahun 2001, Alfamart terus berkembang hingga saat ini.

 

Merek Telah Dikenal Luas

Merek sudah dikenal luas, sebagai buktinya, Alfamart telah mendapatkan banyak penghargaan baik di tanah air maupun di kancah internasional.

 

Dukungan Menyeluruh

Alfamart didukung oleh lebih dari 100.000 karyawan, melayani lebih dari 9.000.000 pelanggan setia, dilayani lebih dari 400 pemasok, bermitra dengan lebih dari 3500 toko waralaba, berperan aktif membina dan menumbuhkembangkan 50.000+ UMKM dan dimiliki oleh masyarakat luas.

 

Jutaan Pelanggan Setia

Pelanggan setia Alfamart merupakan asset yang berharga, jutaan masyarakat sudah tergabung dalam keanggotaan pelanggan setia Alfamart.

 

Teruji dan Terpercaya

Tata kelola bisnis ritel meliputi pengadaan karyawan, operasional, perpajakan dan pelaporan keuangan (bulanan dan tahunan), logistik dan manajemen persediaan barang dan teknologi informasi yang telah teruji dan terpercaya.

 

Kemudahan Operasional

Operasional sehari-hari gerai waralaba Alfamart dilakukan langsung oleh PT Sumber Alfaria Trijaya.

 

Jangkauan Luas

Sampai dengan saat ini Alfamart telah menjangkau seluruh daerah Pulau Jawa dan Bali, Pulau Sumatera, Pulau Sulawesi, dan Pulau Kalimantan. Bahkan Alfamart sudah secara aktif melakukan ekspansi ke beberapa wilayah di Asia seperti di Filipina.

 

Toko Komunitas

Kami berupaya mewujudkan Alfamart menjadi “A True Community Store” yang menjadi dasar filosofi kegiatan kami dalam memberikan layanan yang cepat berkualitas dan aksesibilitas yang mudah bagi pelanggan di sekitar gerai.

Gerai Pilihan Berbelanja

  • Harga kebutuhan pokok sehari-hari yang terjangkau.
  • Pelayanan yang memuaskan.
  • Suasana yang nyaman.
  • Lokasi yang dekat dan mudah dijangkau masyarakat.

 Zona Komunitas

Lantai 2 gerai sebagai tempat kegiatan masyarakat:

  • Arisan.
  • Rapat warga.
  • Tempat belajar anak-anak.
  • Demo produk, demo masak.
  • Tempat sosialisasi (pendidikan nutrisi).

 Informasi Komunitas

  • Media komunitas untuk lingkungan sekitar.
  • Informasi kesehatan.
  • Pengumuman pengurus lingkungan (RT/RW).
  • Informasi jual beli dan sewa (rumah, kendaraan).
  • Informasi promosi.

Nilai Tambah Bagi Komunitas

  • Payment Point (utilitas, pembayaran cicilan kendaraan, remittance).
  • E – Services: ticket, e commerce.
  • Pengetahuan mengenai produk.
  • Kesempatan magang kerja bagi pelajar dan kerja paruh waktu bagi warga sekitar.

 

 

  1. SEMUA BISA DI ALFAMART

Inovasi terus menerus dilakukan Alfamart demi meningkatkan pendapatan toko, di antaranya:

  • Loket pembayaran (tagihan, angsuran, asuransi, biaya kuliah, belanja online dan layanan online lainnya).
  • Loket pengiriman (barang, dokumen, kirim dan ambil uang).
  • Tiket dan travel (pesawat, kereta, bus, feri, hotel, wahana permainan, konser dan pameran).
  • Token/pulsa (listrik, pulsa, paket data, game online dan voucher TV).
  • Layanan lainnya (isi & tarik saldo uang elektronik, pengajuan kredit dan branchless banking).
  • Potensi pendapatan lainnya (sewa tenant dan ATM)

 

 

  1. TIPE KERJA SAMA ALFAMART

Tipe kerja sama waralaba yang ditawarkan oleh Alfamart ada tiga macam, yang pertama adalah skema gerai baru di mana franchisee mengajukan usulan lokasi untuk pembukaan gerai baru. Skema kedua adalah skema gerai baru konversi, di mana franchisee mengajukan usulan lokasi yang masih berupa toko kelontong/minimarket untuk dikembangkan menjadi gerai Alfamart. Sedangkan skema ketiga adalah skema gerai take over, di mana franchisee mengambil alih kepemilikan gerai milik Alfamart yang sudah berjalan.

 

Gerai Baru

Franchisee dapat memilih tipe gerainya sesuai dengan luasan lahan yang dimiliki. Ada beberapa tipe yang ditawarkan, yaitu tipe 9 rak, 18 rak, 36 rak dan 45 rak.

Berikut ini perkiraan investasi untuk gerai Alfamart dengan area penjualan seluas 30 M2 hingga 100 M2.

Tipe Gerai Produk Area Sales Investasi (*)
9 Rak 1.200 30 M2 Rp 300 Juta
18 Rak 1.600 60 M2 Rp 350 Juta
36 Rak 3.800 80 M2 Rp 450 Juta
45 Rak 4.500 100 M2 Rp 500 Juta

*Nilai investasi di luar properti dan dapat  berubah sesuai kondisi pada saat proses pembukaan gerai

Investasi awal tersebut mencakup:

  • Franchise fee 45 juta untuk 5 tahun.
  • Instalasi kelistrikan.
  • Peralatan gerai dan air conditioner.
  • Sistem informasi ritel.
  • Shop sign dan sign pole.
  • Perizinan gerai.
  • Promosi dan persiapan pembukaan gerai

 

Gerai Konversi

Program Konversi menawarkan kerja sama waralaba kepada pemilik toko minimarket lokal/kelontong/ yang ingin mengembangkan usahanya.

Alfamart memberikan dua kemudahan bagi para pemilik yang mengikuti program ini yaitu:

  • Pengakuan barang dagangan milik toko minimarket lokal/ kelontong sebagai barang dagangan untuk stock pembukaan gerai waralaba Alfamart.
  • Rak milik toko minimarket lokal/kelontong/dapat digunakan dan diakui sebagai pengurang biaya investasi (*kriteria rak harus sesuai dengan standar rak gerai Alfamart).

 

Gerai Take Over

Alfamart juga menawarkan “Paket Ambil Alih” (Take Over), di mana calon franchisee dapat mengambil alih gerai milik Alfamartyang telah beroperasi dengan baik. Biaya investasi sudah termasuk biaya sewa bangunan untuk 5 tahun, franchise fee Rp 45 juta untuk 5 tahun, peralatan gerai, dan goodwill.

 

 

  1. POLA KERJA SAMA ALFAMART

Standard Operating Procedure:

  • Franchisee mengikuti dan akan mematuhi segala Standarisasi dan Kebijakan Alfamart dalam hal kerja sama waralaba dan pengelolaan toko.

Arus Kas:

  • Hasil penjualan disetor setiap hari ke rekening bank (escrow account).
  • Hasil penjualan hanya dipakai untuk pembiayaan arus kas toko f
  • Penarikan dana dari escrow account dilakukan oleh Alfamart saja.
  • Jasa giro dan pendapatan lain-lain sepenuhnya menjadi hak f
  • Setiap selesai tutup bulan, franchisee dapat men-download laporan keuangan (financial report).
  • Franchisee dkenakan biaya administrasi sebesar Rp 750.000 per bulan
  • Pembayaran kelebihan arus kas tahap pertama setelah enam bulan, selanjutnya per tiga

Barang Dagangan:

  • Barang dagangan akan dipasok dari Alfamart dan akan dibayarkan sesuai jatuh temponya (utang dagang).
  • Barang dagangan tetap menjadi milik Alfamart hingga utang dagang atas barang dagangan tersebut dibayarkan.
  • Jenis barang, harga jual, display, stock level, dan promosi ditentukan oleh Alfamart.

Biaya Operasional:

  • Semua biaya operasi harus mengikuti kebijakan dan SOP Alfamart.
  • Ketentuan dalam hak karyawan mengacu pada ketentuan Kementerian Tenaga Kerja RI.
  • Perizinan dan perpajakan toko Alfamart sesuai dengan ketentuan p

Kontrak, Royalti, dan Perpanjangan:

  • Membayar franchise fee Rp 45 juta untuk masa kontrak selama 5 tahun.
  • Skema royalti mulai ditarik Alfamart bila penjualan di atas Rp 150 juta (gerai reguler) dan Rp 50 juta (gerai specific).
  • Kontrak dan perpanjangan kelipatan 5 tahun.

 

 

  1. BIAYA ROYALTI ALFAMART

Royalti yang dibayarkan ke Alfamart dihitung secara progresif, tergantung kepada jumlah penjualan bersih bulanan gerai yang bersangkutan dan tidak termasuk pajak.

 

 

  1. SYARAT WARALABA ALFAMART
  • Memiliki minat di industri minimarket.
  • Warga Negara Indonesia dengan badan usaha (CV, PT, koperasi dan yayasan).
  • Sudah atau akan memiliki lokasi tempat usaha dengan luas area sales minimal 80 M2 (di luar gudang dan ruang administrasi). Total keseluruhan lahan ± 150 M2 sampai 250 M
  • Memenuhi persyaratan perizinan seperti Izin Tetangga, Izin Domisili, SIUP, TDP, NPWP, NPPKP, STPW, IUTM (berbeda-beda setiap daerah).
  • Bersedia mengikuti sistem dan prosedur yang berlaku di Alfamart.

(red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.