Mau Balik ke Jakarta, Berikut Syarat Mengurus SIKM yang Wajib Anda Ketahui

INTREN.ID, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah mengeluarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 47/2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar Dan/Atau Masuk Provinsi DKI Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Untuk bisa kembali ke Jakarta, masyarakat harus memiliki Surat Izin Keluar/Masuk (SIKM). SIKM tersebut diajukan secara online melalui situs corona.jakarta.go.id. Tanpa SIKM, jangan harap bisa masuk ke Jakarta.

Nah, untuk mendapatkan SIKM bagi masyarakat domisili Jakarta, ada persyaratan yang harus dipenuhi.

Baca juga: Cegah Terjadinya Arus Balik, Tak Punya SIKM Dilarang Masuk Jakarta

Pertama, ada surat pengantar dari ketua RT yang diketahui ketua RW tempat tinggalnya.

Kedua, ada surat pernyataan sehat bermeterai, serta surat keterangan perjalanan dinas keluar Jabodetabek atau surat keterangan bekerja bagi pekerja yang tempat kerjanya berada di luar Jabodetabek.

- ADVERTISEMENT -

Ketiga, harus menyiapkan pas foto berwarna dan pindaian KTP.

Sedangkan untuk warga non Jabodetabek, memiliki persyaratan sama. Hanya saja ada tambahan surat keterangan dari kelurahan/desa asal, serta surat jaminan bermeterai dari keluarga atau tempat kerja yang berada di Provinsi DKI Jakarta yang diketahui oleh Ketua RT setempat.

“Kalau sudah lengkap persyaratannya, baru boleh masuk ke Jakarta lagi,” kata Anies.

Dalam mencegah arus balik, Pemprov DKI Jakarta mengerahkan seluruh personel. Termasuk TNI dan Polri juga dilibatkan. Pencegahan dilakukan tidak hanya di jalur darat. Melainkan juga udara dan laut. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.