Masyarakat Sagulung Salat Istisqa di Tengah Kemarau Berkepanjangan

INTREN.ID, BATAM – Masyarakat di Sagulung, Batam menggelar salat Istisqa di Lapangan SP plaza, Sabtu (14/3/2020). Dimulai sekira pukul 08.00 WIB, salat digelar sebagai upaya agar Batam bisa segera melewati musim kemarau yang berkepanjangan.

Jemaah berdatangan dari seluruh elemen masyarakat, pihak kecamatan dan kepolisian. Para santri dari beberapa pondok pesantren yang ada di Kecamatan Sagulung juga ikut meramaikan salat.

“Kita manusia hanya bisa berikhtiar, selebihnya kami serahkan kepada Sang Kuasa,” ucap Kapolsek Sagulung AKP Riyanto saat ditemui awak media di lokasi kegiatan, Jumat (14/3/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan atas inisiatif pihak kepolisian yang bekerja sama pihak kecamatan dan disukseskan masyarakat Sagulung yang berpartisipasi. Camat Sagulung Reza Khadafi mengatakan, manusia sebagai salah satu makhluk Tuhan yang diberikan pemikiran untuk bisa bermunajat.

“Upaya dari pihak pemerintah telah dilakukan. Saat ini kita yang harusnya berdoa kepada Allah agar apa yang telah diusahakan segera diridai,” ungkap Reza.

- ADVERTISEMENT -

Lebih dari 1.500 jemaah berpartisipasi dalam salat Istisqa yang dipimpin oleh KH Ma’mun Murod Albasyri, pimpinan pondok pesantren (Ponpes) Assalam Subang, Jawa barat.

“Tak banyak yang bisa kita perbuat, selain berusaha dan berdoalah kepada Allah SWT agar cobaan ini segera berlalu,” kata Ma’mun Murod Albasyri dalam khotbahnya.

Setelah salat Istisqa selesai dilaksanakan, para jemaah langsung bergotong royong untuk membersihkan area tersebut dari berbagai sampah yang ada. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.