Masyarakat Sagulung Bagi Jatah Sembako agar Lebih Merata

Pemko Batam Beri Apresiasi Inisiatif Warga

INTREN.ID, BATAM – Masyarakat di RT 01 RW 13 kelurahan Sungai Lekop, Kecamatan Sagulung lebih memilih untuk membagi sembako yang diterimanya dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Bantuan tersebut dibagikan kepada tetangganya yang tidak terdaftar agar bisa sama-sama merasakan paket sembako tersebut.

Mengetahui hal ini, Wakil Wali Kota Batam yang juga ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam, Amsakar Achmad memberikan apresiasi. Dalam telekonferensi bersama rekan media Senin (20/4/2020), dia berterima terima kasih kepada RT, RW, kepolisian, dan semua pihak yang telah membantu melakukan penyisiran, pendataan, pendistribusian, juga pengamanan pendistribusian sembako.

“Saya berterima kasih kepada perangkat RT dan RW yang telah bekerja sama. Hingga pendistribusian ini bisa berjalan secara aman dan kondusif,” ucapnya.

Pendistribusian paket sembako di kecamatan Sagulung telah dilaksanakan pada Ahad (19/4/2020) lalu secara serentak di masing-masing kelurahan. Sembako dibagikan melalui RW dan RT setempat untuk menghindari adanya keramaian di wilayah setempat.

Camat Sagulung Reza Khadafy mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi para warga di lokasi tersebut. Lantaran masih memikirkan kebutuhan orang lain dengan tindakan membagikan sembako yang telah ditetapkan untuk dirinya.

Dijelaskan Reza, adanya pemecahan paket sembako kepada masyarakat di kelurahan Sungai Lekop tersebut atas inisiatif dari berbagai masyarakat yang menerima paket sembako. Bukan datang dari RT atau RW setempat.

- ADVERTISEMENT -

“Saya rasa ini salah satu tindakan heroik dari masyarakat tersebut. Dengan keterbatasan yang dialami, tetapi masih ada rasa kasih terhadap sesama, dengan membagikan paket semoga yang telah mereka terima,” kata Reza, saat ditemui di Kantor Kecamatan Sagulung, Senin (20/4/2020).

Dalam hal ini pihaknya selalu memantau secara teliti bantuan dari pemko yang akan dibagikan kepada masyarakat. Agar tidak ada adanya kebocoran yang terjadi.

“Rekan di tingkat RT dan RW telah bekerja secara maksimal agar pendistribusian sembako bisa berjalan secara baik dan aman. Saya tegaskan tidak ada pengurangan yang terjadi,” sebut Reza.

Kata dia, bantuan tersebut tidak akan diterima oleh seluruh masyarakat. Namun hanya sebagian masyarakat sesuai yang telah didata dari perangkat desa dengan kondisi warga yang telah sesuai mendapatkam bantuan.

Pada pembagian tersebut sebanyak 20.730 paket sembako telah didistribusikan ke enam kelurahan. Yaitu 3.374 paket untuk Tembesi, 3.936 paket untuk Sei Langkai, 3.143 paket untuk Sei Pelunggut, 3.644 paket untuk Sei Lekop, 2.966 paket untuk Sei Binti, dan 3.667 paket untuk Sagulung Kota. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.