Masyarakat Diminta Berlebaran #DiRumahAja, Hindari Ancaman Corona

INTREN.ID, JAKARTA – Pemerintah meminta masyarakat Indonesia untuk berlebaran di rumah saja. Serta tidak mudik ke kampung halaman demi mencegah risiko penyebaran virus corona baru (Covid-19). Permintaan ini datang dari Menteri Agama Fachrul Razi.

“Jangan mudik, Salat Id di rumah saja. Lebaran di rumah saja, silaturahmi via medsos, tetap protokol kesehatan,” pinta Fachrul, Selasa (19/5/2020).

Kata dia, Kementerian Agama (Kemenag) sudah menyampaikan imbauan perihal perayaan Idulfitri 1441 Hijriah pada 12 Mei 2020 lalu. Saat ini pelonggaran pembatasan kegiatan sosial dan keagamaan belum memungkinkan dilakukan karena dikhawatirkan bisa menimbulkan lonjakan kasus Covid-19.

- ADVERTISEMENT -

Untuk itu, Fachrul mengimbau warga mematuhi ketentuan pemerintah. Yaitu perihal penanggulangan wabah dengan tidak menyelenggarakan kegiatan keagamaan berjemaah yang menghadirkan banyak orang seperti Salat Id.

“Kita hendaknya taat pada UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang kekarantinaan wilayah. Pembatasan kegiatan keagamaan untuk dilakukan di rumah sendiri,” katanya.

Namun, Fachrul menyebut ancaman Covid-19 tidak boleh mengganggu dalam menyambut hari kemenangan. Dia mengajak masyarakat untuk berbagi kepedulian kepada mereka yang tidak mampu. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.