- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Masih Pandemi, Pemkot Bontang Imbau Masyarakat Tak Gelar Perayaan HUT RI

INTREN.ID, BONTANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang mengimbau masyarakat tidak menggelar perayaan HUT RI tahun ini. Karena kondisinya masih dalam masa pendemi virus corona baru (Covid-19).

Imbauan disampaikan kepada seluruh elemen masyarakat Kota Taman untuk tidak melaksanakan perayaan HUT RI yang melibatkan pengumpulan massa atau orang banyak. Sebagaimana diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Bontang, Aji Erlynawati melalui surat bernomor 008/999.PEM.C tentang perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan Rupublik Indonesia.

Diketahui, surat tersebut merupakan tindak lanjut dari surat edaran Menteri Sekretaris Negara RI tanggal 6 Juli 2020 nomor B.492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 dan surat edaran Gubernur Kalimantan Timur nomor 003.1/4228.B.PPOD-8 tentang Pedoman Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Rupublik Indonesia 2020.

Dalam paparannya, perempuan yang akrab disapa Iin itu menjelaskan, terdapat beberapa hal yang menjadi imbauan kepada warga Bontang. Di antaranya mengimbau untuk memasang bendera merah putih, umbul-umbul, spanduk, dan dekorasi lainnya di depan kantor, rumah, ataupun tempat-tempat lainnya, terhitung mulai 1-31 Agustus 2020.

“Dengan memanfaatkan dan memaksimalkan tema Indonesia Maju,” ujarnya.

- ADVERTISEMENT -

Selain itu, Iin juga mengimbau kepada warga Kota Taman untuk mengikuti siaran langsung pidato kenegaraan Presiden RI melalui berbagai kanal media massa mulai dari televisi, radio, dan media online yang disiarkan pada 14 Agustus.

Dan untuk di Bontang sendiri, pada momen detik-detik proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus, akan dilakukan pembunyian sirene di beberapa titik yselama 3 menit mulai pukul 11.17 – 11.20 Wita. “Untuk itu, pada momen tersebut diimbau kepada masyarakat untuk menghentikan sejenak segala aktivitasnya,” terangnya.

Sebagai simbolis pelaksanaan kata dia, akan dilakukan pemberhentian aktivitas lalu lintas di tiga tempat yang mewakili tiga kecamatan yang ada di Bontang. Pertama di simpang empat Bontang baru mewakili Bontang Utara, simpang tiga Bontang Plaza mewakili Bontang Barat, dan di simpang empat Tanjung Laut Masjid Al-Hijrah mewakili Bontang Selatan.

“Kami meminta para camat dan lurah untuk menyosialisasikan imbauan ini ke setiap RT,” tukasnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.