Masa Tenang Jelang Pilkada Samarinda, Tim Gabungan Tertibkan APK dan BK Pasangan Calon

INTREN.ID, SAMARINDA – Memasuki tahapan masa tenang pemilihan wali kota dan wakil wali kota, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), TNI/Polri hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan bekerja sama menertibkan dan membersihkan alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) dari seluruh pasangan calon yang akan bersaing dalam pemilihan kepala daerah (pilkada), 9 Desember mendatang.

Ketua Bawaslu Samarinda, Abdul Muin mengatakan, penertiban dan pembersihan APK tersebut sudah sesuai Pasal 31 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas PKPU 4/2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Di mana, penertiban dan pembersihan dilaksanakan paling lambat tiga hari sebelum hari pemungutan suara.

“Mulai hari ini kami lakukan penertiban, baik di tingkat kota hingga di tingkat kelurahan,” kata Muin di kantor KPU Kota Samarinda, Jalan Juanda, Minggu (06/12/2020).

Muin menegaskan, seluruh APK dan BK akan ditertibkan dan dibersihkan semua, sehingga di masa tenang ini tidak ada APK dan BK yang masih terpasang.

“Kami bersihkan semua. Kami juga berkoordinasi dengan KPU agar semua pasangan calon dapat menertibkan dan membersihkan secara mandiri,” ucapnya.

Muin menambahkan, usai melakukan penertiban APK dan BK, pihaknya juga akan melakukan patroli pengawasan. Menurutnya, di dalam patroli pengawasan pihaknya melibatkan semua jajaran, Bawaslu Kota Samarinda, Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Kelurahan, dan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Setelah melakukan penertiban, kami akan melakukan patroli pengawasan masa tenang. Instruksi sudah kami berikan hingga ke Pengawas TPS,” kata Muin.

Selain melibatkan jajaran internal, pihaknya akan melakukan patroli bersama KPU, Satpol PP, dan TNI/Polri. Tujuan patroli pengawasan ini adalah dapat menjaga kualitas demokrasi, sehingga hasil pilkada dapat diterima semua pihak.

“Karena suksesnya pilkada adalah tanggung jawab kita bersama,” pungkasnya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.