Masa New Normal, Masyarakat Zona Merah dan Kuning Diimbau Ibadah di Rumah

INTREN.ID, BATAM – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat Batam perihal ibadah. Hal ini menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Wali Kota Batam nomor 67/KESRA/Tahun 2020 tentang Protokol Pelaksanaan Ibadah pada fase New Normal percepatan penanggulangan pandemi virus corona baru (Covid-19).

Kepala Kantor Kemenag Kota Batam, Zulkarnain Umar mengatakan untuk pelaksanaan ibadah berjemaah pada zona merah dan zona kuning, masyarakat tetap dianjurkan beribadah secara berjemaah di rumah masing-masing.

“Namun demikian bagi pengurus dan jemaah yang tetap berkeinginan untuk beribadah berjemaah dan kegiatan keagamaan lainnya di masjid/musala, gereja, pura, kelenteng dan pura diperkenankan dengan penerapan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 secara ketat,” beber Zulkarnain, Jumat (29/5/2020).

Dia juga menyampaikan beberapa hal lain yang perlu diperhatikan oleh pengurus rumah ibadah. Yaitu melaksanakan standar protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 antara lain, menjaga kebersihan rumah ibadah, membuka lebar-lebar pintu dan jendela serta tidak menghidupkan pendingin ruangan seperti AC.

“Pengurus juga harus menyediakan sarana cuci tangan dengan menggunakan sabun dan penyanitasi tangan. Serta memprioritaskan jemaah warga setempat sekitar rumah ibadah atau jemaah tetap rumah ibadah tersebut,” kata Zulkarnain.

Selain itu, pengurus rumah ibadah juga diharapkan bisa memastikan setiap jemaah berpakaian bersih dan dalam kondisi sehat. Dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki rumah ibadah.

“Yang paling utama adalah menggunakan masker dengan benar, menutupi bagian hidung dan mulut selama berada di dalam tempat ibadah. Serta menerapkan physical distancing dengan menjaga jarak antar peserta jemaah lainnya minimal 1,5 hingga 2 meter,” ungkapnya.

- ADVERTISEMENT -

Zulkarnain menambahkan, pengurus juga harus memberi tanda pada kursi/tempat duduk agar bisa memudahkan para jemaah untuk melakukan physical distancing. Serta menganjurkan kepada jemaah tidak melakukan jabat tangan dan berpelukan dalam rangka menghindari kontak fisik.

Dari update terkini rilis Pemko Batam, beberapa kecamatan yang telah ditetapkan sebagai zona terparah adalah Batam Kota. Terdapat lebih dari 111 pasien dalam pengawasan (PDP) dan sebanyak 36 orang dinyatakan positif Covid-19, dengan keterangan 19 orang dinyatakan sembuh.

Kemudian diikuti oleh wilayah Batu Ampar, yang mana terdapat 44 PDP dan 26 orang dinyatakan positif Covid-19. Hingga saat ini di kecamatan tersebut baru ada tujuh orang yang dinyatakan sembuh.

Selanjutnya diikuti dengan wilayah Bengkong yang terdapat 56 PDP, dan 20 orang dinyatakan positif Covid-19, dengan jumlah kesembuhan baru Empat orang. Seterusnya di Kecamatan Sekupang yang terdapat 40 PDP serta 14 orang positif Covid-19 dan baru ada tujuh orang yang dinyatakan sembuh.

Sementara di wilayah Nongsa, Sungai Beduk, Sagulung dan Batu Aji, sudah masuk ke dalam zona kuning dan untuk zona hijau berada di kawasan Hinterland seperti Kecamatan Belakang Padang, Bulang dan Galang. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.