Masa Belajar di Rumah bagi Siswa Bontang Kembali Diperpanjang

Wali Kota Belum Tentukan Sampai Kapan

INTREN.ID, BONTANG – Mewabahnya virus corona baru (Covid-19) di Bontang ditambah status Kejadian Luar Biasa (KLB), membuat kegiatan belajar mengajar di sekolah belum bisa terlaksana hingga saat ini. Sehingga Pemkot Bontang kembali menerbitkan perpanjangan waktu Belajar Dari Rumah (BDR) pada masa darurat Covid-19 ini, yang diterbitkan melalui Surat Edaran Wali Kota Bontang nomor 420/839/Dikbud.02.

Masa belajar di rumah siswa diperpanjang mulai 22 April 2020 sampai batas waktu yang belum ditentukan. Hal ini mengacu Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid19) Pada Satuan Pendidikan dan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19),

“Nanti akan ada pemberitahuan lebih lanjut,” kata Neni dalam surat tersebut.

Selain diperpanjang, Pemkot juga meminta pelaksanaan ujian semester di sekolah yang seharusnya dilaksanakan 15-20 Juni 2020 sesuai dengan Kalender Pendidikan (Kaldik), dimajukan menjadi 4-9 Mei 2020. Hal ini juga sesuai hasil koordinasi antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan Perwakilan Kepala SD dan SMP yang tergabung di dalam K3S dan MKKS pada 16 April 2020 lalu.

- ADVERTISEMENT -

“Untuk pengisian rapor ujian semester genap tetap mengacu pada kalender pendidikan tahun pelajaran 2019/2020,” ucapnya.

Selain itu dalam surat ini Pemkot juga menyarankan kepada sekolah-sekolah SD dan SMP untuk mengarahkan pembelajarannya selama Ramadan nanti ke bidang keagamaan. Khususnya bagi siswa yang beragama Islam.

“Pembelajaran mandiri di rumah dapat dilakukan melalui TVRI dengan didampingi orang tua masing-masing. Ketika siswa sudah masuk ke sekolah saat keadaan normal nanti, guru bisa meminta hasil belajar mandiri siswa. Misalnya membuat ringkasan atau resume sesuai jenjang kelasdan daya nalar masing-masing anak,” pungkasnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.