Markas Gembong Narkoba di Balikpapan Digerebek Polisi, Punya Sistem Pertahanan hingga Pos Jaga, Safaruddin: Harus Ditindak Tegas

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Sebuah markas yang diduga milik gembong narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba), ditemukan di kawasan pesisir Kota Balikpapan, Senin (27/6/2022). Tepatnya di Kariangau, Kecamatan Balikpapan Barat. Diduga itu merupakan sarang narkoba terbesar.

Menurut kepolisian, markas gembong narkoba itu didesain mirip seperti sebuah benteng. Kendati bangunannya sederhana dan terbuat dari kayu, namun memiliki sistem pertahanan dan penyamaran. Bahkan juga dilengkapi dengan pos jaga dan loket transaksi.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin menyoroti kasus tersebut. Menurutnya, ini menunjukkan bahwa para gembong narkoba terus berusaha untuk mengembangkan bisnisnya kendati keberadaannya terus diburu petugas kepolisian.

“Polri harus mengusut tuntas temuan markas gembong narkoba itu, dan menindak tegas para pelakunya. Tidak ada toleransi. Jangan sampai kalah oleh pelaku kejahatan narkoba,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu mengapresiasi upaya Korps Bhayangkara dalam mengungkap kasus tersebut. Pasalnya, jika markas gembong narkoba itu terus beroperasi, tentu akan mengancam masa depan bangsa dan negara. Khususnya generasi Kaltim.

“Dibutuhkan sinergi antara semua pihak dalam memberantas peredaran narkoha di Kaltim. Termasuk dengan BNN (Badam Narkotika Nasional), pemerintah daerah, tokoh, serta masyarakat. Jangan sampai narkoba mengancam generasi Kaltim,” kata Kapolda Kaltim 2015-2018 itu. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.