Marak Aksi Kriminal, Ini Imbauan Tegas Kapolsek Sungai Beduk

Hati-Hati Berkendara dan Jangan Bepergian Bila Tak Mendesak

INTREN.ID, BATAM – Kapolsek Sungai Beduk, Batam, AKP Daniel Ganjar Kristanto memberikan imbauan tegas kepada seluruh masyarakat di wilayahnya. Yaitu imbauan agar lebih berhati-hati saat berkendara, mengingat beberapa hari sebelumnya ada dua kali aksi kriminal di wilayah Sungai Beduk.

Aksi kriminal itu meliputi penjambretan pada seorang karyawan perempuan yang tengah melewati Jalan S Parman, Kecamatan Mangsang sekira pukul 10.00 WIB. Diduga para pelaku telah membuntuti korban seusai bertransaksi dari ATM yang berada di area SPBU Piayu.

Pada kasus kedua, dua pemuda menjadi korban pemalakan saat tengah asyik nongkrong di kawasan Bukit Barelang sekira pukul 22.00 WIB. Kedua pelaku sempat melakukan ancaman menggunakan sebilah celurit kepada kedua korban.

“Dari kedua kasus tersebut, masih bisa terselamatkan. Karena aksi kejahatan langsung diketahui oleh warga sekitar yang langsung melakukan pengejaran kepada para pelaku. Meskipun tidak satupun pelaku berhasil diamankan,” terang Ganjar.

Karenanya, dia menegaskan kepada warga agar tidak bepergian untuk mendukung maklumat dari Kapolri, serta imbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah. Jika harus tetap pergi untuk kondisi yang mendesak, usahakan selalu bersama rekan terutama pada waktu malam hari untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

“Jika keadaan memaksa untuk pergi, coba ajak rekan yang bisa menemani di saat perjalanan itu,” kata Ganjar.

Pihaknya juga selalu mengingatkan para pengguna kendaraan sepeda motor untuk tidak meletakkan barang berharga di bagian dasboard kendaraan. Karena hal ini bisa memancing aksi kriminal yang membahayakan keselamatan diri sendiri.

“Kadang kejahatan bisa terjadi saat ada kesempatan. Jadi hal-hal yang bisa memicu aksi kriminal harus kita kurangi. Seperti halnya bermain ponsel di atas kendaraan yang masih kerap dilakukan oleh para pengendara sepeda motor,” ungkapnya.

Kegiatan berkumpul pun, sambung Ganjar, sebaiknya dikurangi. Apalagi sampai nongkrong di tempat gelap.

Menurutnya pada saat pandemi virus corona baru (Covid-19) ini masyarakat harus lebih bijak untuk memanfaatkan waktu. Agar tidak bepergian keluar rumah, terlebih hanya untuk berjalan-jalan. Selain membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19, stay at home bisa menjaga keselamatan diri sendiri.

Aksi kriminal belakangan ini menurut Ganjar telah menjadi perhatian dari pihak kepolisian untuk lebih meningkatkan pengamanan. Ganjar mengaku saat ini jajarannya telah meningkatkan frekuensi patroli di seluruh wilayah hukumnya. Juga mengajak para petugas pengamanan perumahan sekitar serta perangkat desa RT dan RW untuk bisa membantu melakukan pengawasan di wilayahnya masing-masing.

Pihaknya juga memberikan nomor telepon 0812-7024-475 yang bisa dihubungi apabila terjadi hal-hal yang mengganggu Kamtibmas. “Peningkatan pengamanan yang kami lakukan, sebagai bentuk komitmen kami pihak Polri, untuk memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.