Manajemen Astra Dirombak, RUPS Setujui Pembagian Deviden Rp 8,6 Triliun

INTREN.ID, JAKARTA – PT Astra International Tbk resmi berganti pengurus. Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Selasa (16/6/2020), Djony Bunarto resmi menjabat direktur utama menggantikan Prijono yang mengisi pos komisaris utama. Sebelumnya, komisaris utama dijabat Budi Setiadharma.

Tak hanya itu, dalam RUPS itu juga disetujui pengunduran diri dua komisaris independen, Chatib Basri dan Akihiro Murakami. Keduanya digantikan Rahmat Waluyanto dan Apinont Suchewaboripont.

Melalui keterangan tertulisnya, Djony mengatakan, selain perubahan struktur direksi dan komisaris, Astra juga memutuskan pembagian deviden sebesar Rp 214 per saham atau setara Rp 8,6 triliun dari laba bersih tahun buku 2019 yang menyentuh angka Rp 21,7 triliun.

“Rp 13 triliun sisanya ditetapkan sebagai laba ditahan. Seluruh unit bisnis perseroan mampu melakukan pengelolaan finansial secara sehat,” ujar Djony.

Dia memastikan bahwa Astra masih mampu memenuhi kebutuhannya di era new normal baik untuk jangka pendek, menengah maupun panjang. Hal itu karena pengawasan rutin pada seluruh bisnis unit.

Meski demikian, Djony belum dapat memastikan proyeksi pertumbuhan bisnis Astra hingga akhir tahun 2020. Dia melihat situasi ke depan masih penuh akan ketidakpastian. “Rebound rasanya sulit kita perkirakan, karena situasi ini tak ada yang bisa memperkirakan,” beber Djony.

Di tengah pandemi, otomotif yang menjadi salah satu bisnis utama Astra babak belur. Namun dia memperkirakan bahwa bisnis kendaraan bermotor di dalam negeri bisa kembali bergeliat di masa new normal, seiring kembalinya aktivitas industri dan bisnis usai dihentikan.

“Diharapkan dengan adanya PSBB transisi yang diterapkan oleh gubernur, mudah-mudahan kita akan cepat pulih,” urainya.

Berdasarkan data perseroan, pergerakan pasar otomotif pada Juni 2020 cukup baik dibandingkan Mei 2020 yang anjlok dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Untuk diketahui, Djony adalah pria kelahiran tahun 1964. Sebelumnya dia menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur Astra sejak April 2019. Sebelum itu, Djony menjabat sebagai direktur perseroan dari tahun 2015 sampai dengan 2019.

Dia bergabung dengan Astra pada tahun 1990 dan saat ini memegang beberapa jabatan, antara lain Presiden Komisaris PT Toyota-Astra Motor dan PT Pamapersada Nusantara serta Komisaris PT Astra Agro Lestari Tbk, PT United Tractors Tbk, PT Astra Honda Motor, dan PT Astra Sedaya Finance. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.