Malaysia Perpanjang Lockdown, Laos-Vietnam Sukses Tekan Korban

INTREN.ID, PUTRAJAYA – Meski kebijakan lockdown di Malaysia terbukti ampuh mengerem laju penularan dan angka kematian Covid-19, namun pemerintah Negeri Jiran menyatakan akan memperpanjang lockdown atau karantina wilayah.

Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yasin mengatakan, masa lockdown di negaranya diperpanjang hingga 12 Mei. “Jika jumlah kasus Covid-19 menunjukkan penurunan signifikan, pemerintah bisa mengurangi pembatasan pergerakan secara bertahap,” ujar Muhyiddin.

Sebagai informasi, Malaysia mulai menerapkan lockdown pada 18 Maret lalu. Mereka mengalami ledakan pertambahan kasus gegara acara yang digelar jemaah tablig di Masjid Jamek, Sri Petaling, Kuala Lumpur, 27 Februari-1 Maret lalu. Hingga saat ini, kasus penularan di Malaysia mencapai 5.691 orang dan 96 orang meninggal dunia.

Keberhasilan Malaysia didukung terpenuhinya kebutuhan alat pelindung diri (APD), baik tenaga medis maupun masyarakat umum.

Sementara itu, Laos menjadi negara di ASEAN dengan jumlah korban paling minim. Laos menjadi contoh kesuksesan penerapan lockdown.

- ADVERTISEMENT -

Sejak kasus pertama di negara itu terungkap 24 Maret lalu, pada 30 Maret pemerintah langsung menerapkan lockdown total hingga pertengahan April. Kebijakan tersebut diperpanjang hingga 3 Mei.

Hasilnya, hanya ada 19 kasus di negara itu. “Empat orang sudah sembuh dan keluar dari rumah sakit,” jelas Wakil Menteri Kesehatan Laos, Phouthone Meaungpak.

Demikian juga dengan Vietnam. Belajar dari wabah SARS medio 2002-2003, sehari setelah teridentifikasinya kasus Covid-19 pertama, pemerintah langsung menghentikan penerbangan ke Wuhan. Beberapa hari kemudian mereka menutup perbatasan sepanjang 1.400 kilometer yang menghubungkan Vietnam-Tiongkok.

Vietnam melakukan tes pada 180.067 penduduk dan hanya 268 orang yang terbukti positif. Itu pun 83 persennya sudah sembuh. Bahkan, kini pemerintah Vietnam berencana melonggarkan kebijakan dengan menghapuskan lockdown di beberapa wilayah. (***)

 

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.