Malaysia Deportasi 114 TKI Bermasalah lewat Batam

Bakal Jalani Karantina 14 Hari di Tanjung Pinang

INTREN.ID BATAM – Sebanyak 114 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bermasalah dideportasi dari Malaysia. Para TKI tersebut tiba di Indonesia melalui pelabuhan Batam Center, Feri Internasional, Selasa (24/2/2020).

Kepala Imigrasi kelas 1 Batam Romi Yudianto mengatakan, pemulangan para TKI itu dibagi menjadi dua kali perjalanan. Sebanyak 81 TKI telah berlabuh pada Selasa sekira pukul 11.45 WIB. Sementara 31 TKI lainnya direncanakan tiba di Batam pada Rabu (25/3/2020) besok.

“Pemulangan TKI yang bermasalah atau masa izin tinggal yang sudah habis menjadi hal yang biasa. Namun, pada kali ini ada penambahan langkah guna pencegahan penyebaran virus Covid-19 (Corona),” ucap Romi.

Dia menyebut, akan langsung dilakukan pengecekan suhu tubuh kepada bahwa seluruh TKI yang baru tiba. Juga dilakukan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan.

“Kami juga berikan masker kepada para penumpang yang baru tiba,” sambung Romi.

Seluruh TKI tersebut langsung menuju Tanjung Pinang melalui Pelabuhan Punggur. Di Tanjung Pinang mereka menjalani masa karantina selama 14 hari ke depan.

“Dalam hal ini kami dibantu oleh KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan, Red.), dan juga para instansi terkait, seperti pihak kepolisian dan juga Satpol-PP,” terangnya.

Romi menyatakan, pengecekan suhu tubuh bukan hanya dilakukan pada TKI. Melainkan juga dilakukan kepada seluruh calon penumpang di pintu masuk pelabuhan oleh para petugas. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.