Malahing, Kisah Kampung Terapung Berpenghuni 52 Kepala Keluarga

INTREN.ID, BONTANG – Kampung Malahing adalah sebuah perkampung terapung yang berada di tengah laut di sekitar pesisir Bontang dan dihuni oleh 52 kepala keluarga. Rata-rata mata pencaharian masyarakat Kampung Malahing adalah nelayan. Dahulu masyarakat mengalami beberapa kendala seperti sulitnya akses pendidikan bagi anak-anak, kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung, serta pengetahuan dan skill kerja warga yang sangat terbatas.

Semenjak kehadiran PT Pupuk Kaltim melalui Departemen Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dari tahun 2014 sampai dengan sekarang, terus berupaya membawa perubahan bagi Kampung Malahing sebagai tempat tinggal sekaligus memajukan kehidupan sosial dan perekonomian yang lebih baik.

Namun tidak berhenti sampai di pemberian bantuan infrastruktur saja, PT Pupuk Kaltim juga mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat Kampung Malahing, seperti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan atau skill warga.

- ADVERTISEMENT -

Melalui program ini, kini masyarakat Malahing dapat tinggal lebih baik serta membentuk sebuah entitas sosial secara gotong-royong untuk saling mendukung dalam pengembangan demi kehidupan yang jauh lebih baik lagi. (***)

Video: Pupuk Kaltim

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.