- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Maksimalkan Pelayanan, DPRD Batam Bakal Tambah Mesin Cetak KTP di Disdukcapil

INTREN.ID, BATAM – DPRD Kota Batam berencana melakukan peremajaan server untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Serta akan menambah mesin pencetak (printer) KTP. Lantaran masih banyak keluhan masyarakat Batam atas kualitas layanan publik penerbitan KTP.

Anggota Komisi I DPRD Batam Utusan Sarumaha menyampaikan, banyak keluhan masyarakat Batam dalam urusan pencatatan sipil yang masih sama. Yaitu kurang cepatnya pelayanan yang dilakukan dengan alasan karena kapasitas cetak mesin yang terbatas.

“Menanggapi server yang ada Disduk memang sudah waktunya peremajaan atau butuh server baru yang lebih canggih dan kapasitasnya lebih memadai,” ucap Sarumaha, Jumat (11/9/2020).

Menurutnya permasalahan di tingkat kecamatan juga sama seperti di dinas. Sehingga pihaknya berencana akan melakukan penambahan mesin dan peremajaan server yang akan di anggarkan pada APBD 2021.

“Makanya kami rapatkan hari ini untuk mencari jalan keluarnya. Keluhan masyarakat itu KTP-nya sudah lama tetapi belum tercetak. Ya solusinya alat itu harus diremajakan kembali dan penambahan server sehingga bisa lebih maksimal,” ungkapnya.

- ADVERTISEMENT -

Kata dia idealnya di tiap kecamatan harus disediakan dua mesin. Yaitu mesin printer yang bisa mencetak KTP masyarakat sehingga ke depannya tidak menjadi persoalan klasik. Agar masyarakat mendapatkan pelayanan secara maksimal.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Batam Heryanto menyampaikan, kendala utama pelayanan adalah mesin yang sudah tidak bekerja secara maksimal.

“Selain itu karena mesin sudah lama dan kemampuannya sudah tidak maksimal. Dan di tahun 2021 kami akan meminta pusat untuk penambahan mesin,” kata Heryanto.

Perihal blangko, dirinya mengaku selalu memiliki stok yang cukup untuk kebutuhan Kota Batam yang datang langsung dari pusat. “Jika semisal habis tinggal minta saja. Jadi untuk pendistribusian blangko tidak ada masalah,” pungkasnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.