Mahyudin Lakukan Serbuan Vaksin di Balikpapan, Rangkaian dari Upaya Percepatan Herd Immunity Kaltim

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Guna mempercepat pencapaian herd immunity di Kaltim, Wakil Ketua DPD RI, Mahyudin kembali menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal. Upaya ini dirasa penting agar Indonesia, khususnya Bumi Etam dapat segera pulih dan bangkit dari pandemi virus beralias corona yang sedang melanda.

Mahyudin menggelar vaksinasi massal di enam kabupaten/kota di Kaltim. Yakni di Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kabupaten Kutai Barat (Kubar), dan Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu). Serbuan vaksin Mahyudin ini digeber selama bulan Oktober 2021 dengan jumlah dosis mencapai 10 ribu.

Senin (18/10/2021), giliran Balikpapan yang mendapat jatah vaksin. Program vaksinasi tersebut dipusatkan di Jalan Wijaya Kusuma, RT 34 Kelurahan Gunung Sari Ilir, Kota Balikpapan. Pada kesempatan itu, Mahyudin datang langsung meninjau ke lokasi.

Vaksinasi massal kali ini bekerja sama dengan tokoh masyarakat setempat yakni Andi Arief Agung yang juga anggota DPRD Kota Balikpapan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Gunung Sari Ilir, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, serta Lurah Gunung Sari Ilir .

Mahyudin menyambut gembira antusiasme masyarakat yang begitu besar mengikuti program vaksinasi.

“Hal ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 semakin baik. Terima kasih kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty yang sangat aktif mendukung kegiatan ini. Terima kasih juga atas dukungan Bapak Andi Arief Agung, Lurah Gunung Sari Ilir, serta LPM,” kata Mahyudin.

Melihat besarnya antusiasme masyarakat mengikuti vaksinasi, lanjut Mahyudin, harus disikapi pemerintah pusat agar vaksinasi terus digencarkan. Di mana tujuannya adalah untuk mencapai target percepatan program herd immunity.

“Kalau perlu ditambah lagi dosisnya. Kalau bisa mencapai 90 persen dari masyarakat Kaltim, agar tercipta kembali situasi sebelum pandemi. Sehingga masyarakat dapat melakukan berbagai kegiatan lagi seperti semula,” tutur Mahyudin.

Di tempat sama, Andi Sri Juliarty atas nama Pemerintah Kota Balikpapan menyampaikan terima kasih kepada Wakil Ketua DPD RI, Mahyudin yang sudah membantu 3 ribu dosisi vaksin Covid-19.

“Kami mengharapkan masyarakat Kota Balikpapan tetap terus menunjukkan antusiasme dalam memanfaatkan program vaksinasi ini. Apapun jenis vaksinnya, itulah yang terbaik untuk kita saat ini. Kami berharap program ini masih berkelanjutan karena masih ada sekitar 30 persen warga yang belum divaksin, “ kata Andi Sri saat mendampingi kunjungan Mahyudin dalam program vaksinasi ini di Kelurahan Gunung Sari Ilir.

Hal senada juga disampaikan oleh Andi Arief Agung kepada Mahyudin. Menurutnya, bukan hanya fasilitas dan perlengkapannya saja yang dibantu, namun orangnya juga datang ke lokasi vaksinasi di Gunung Sari ini.

“Kami warga Gunung Sari Ilir, lurah, dan juga LPM Gunung Sari Ilir mengucapkan banyak terima kasih kepada Wakil Ketua DPD RI, Bapak Mahyudin, yang telah membantu terlaksananya kegiatan vaksinasi ini, bahkan bukan saja fasilitasnya, orangnya datang berkunjung ke sini,” tutur Andi Arief.

Masih kata Andi Arief, dia bersama warga, LPM, lurah dan ketua-ketua RT berharap ke depannya terus berlangsung kegiatan vaksinasi seperti ini. Sehingga warga Gunung Sari Ilir yang telah divaksin mencapai 80 persen.

Sebelumnya kegiatan vaksinasi anggota DPD RI ini dimulai di Samarinda pada Kamis (7/10/2021) dengan memberikan sekitar 1.500 dosis vaksin jenis Pfizer dan pelaksanaannya di Jalan Mulawarman, Samarinda. Pelaksanaan vaksinasi ini bermitra dengan berbagai organisasi sosial seperti IWAPI Kaltim, komunitas ojek online, partai politik, serikat buruh.

Staf Ahli Mahyudin, Vani Tambajong mengatakan, kegiatan ini juga bercermin dari proses vaksinasi di beberapa kabupaten/kota. Langkah yang diambil adalah menginput lebih awal peserta vaksinisasi sesuai arahan Dinas Kesehatan Kaltim dan Dinas Kesehatan Kota Samarinda.

“Dalam mendata kami memperhatikan beberapa faktor yang dapat memengaruhi kelancaran proses kegiatan di lapangan, antara lain terkait jumlah tenaga medis dan ruang yang tersedia. Dengan memperhatikan dua hal tersebut maka panitia menentukan berapa peserta untuk jam tertentu, nomor antrean dan jam kehadiran peserta,” ujar Vani.

Vaksinasi itu digeber berdasarkan surat nomor KP.09.00/2671/DPDRI/IX/2021 tentang Hal Penyampaian Daftar Distribusi Vaksin Covid-19 untuk Daerah Pemilihan Anggota DPD RI tertanggal 28 September 2021. Surat ini ditujukan kepada Direktur Jendral Pencegahan dan Pengendalian Kementerian Kesehatan, selanjutnya untuk diberikan dan dimanfaatkan anggota DPD RI pada kegiatan vaksinasi di daerah pemilihannya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.