- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Liverpool Juara Liga Inggris, Ini Deretan Rekor yang Berhasil Dipecahkan

INTREN.ID – Liga Inggris masih menyisakan tujuh pertandingan, namun Liverpool sudah memastikan diri menjadi kampiun musim 2019-2020 ini. Pasalnya rival terdekat mereka dalam merengkuh juara yaitu Manchester City tumbang 1-2 tatkala bertandang ke markas Chelsea di Stamford Bridge, Jumat (26/6/2020) WIB.

Dengan kekalahan The Citizens, The Reds unggul 23 poin di puncak klasemen dengan total 86 poin di klasemen sementara. Poin ini tidak mampu dikejar Manchester City mengingat sisa pertandingan di Premier League. Alhasil penantian tiga puluh tahun bagi Liverpool untuk meraih gelar terbaik di tanah Inggris pun berakhir.

Menariknya, sederet rekor berhasil dipecahkan klub asal London itu dalam perjalanan mereka meraih gelar juara. Malahan, masih ada beberapa rekor lagi yang berpeluang dipecahkan di masa-masa sisa kompetisi.

Sisa tujuh pertandingan membuat Liverpool melewati rekor juara tercepat Liga Inggris yang sebelumnya dipegang bersama oleh Manchester United dan Manchester City. Manchester United juara musim 2000/2001 dengan sisa lima pertandingan dan hal serupa diulangi Manchester City pada musim 2017/2018.

Keberhasilan Liverpool menjadi juara turut brimbas pada pemain belakangnya yaitu Dejan Lovren yang menjadi pesepak bola Kroasia pertama yang menjuarai Premier League. Pun demikian The Reds masih berpotensi memecahkan rekor lain yakni total raihan poin dalam semusim yang masih dipegang Manchester City dengan 100 poin pada musim 2017/2018.

- ADVERTISEMENT -

Masih ada 21 poin dalam tujuh laga yang bakal dijalani Liverpool untuk diraih. Bila tim asuhan Juergen Klopp mampu memenangkan 15 poin saja, maka saja di antaranya, maka Liverpool akan memecahkan rekor The Citizens tersebut.

Pun demikian, Liverpool masih bisa memecahkan rekor baru yaitu marjin juara tertinggi yang turut dipegang Manchester City pada 2017/2018 dengan jarak 19 poin. Bila Liverpool mempertahankan keunggulan 23 poin yang saat ini dimiliki, rekor itu akan berpindah kepada mereka.

Seakan belum cukup, Liverpool masih bisa memecahkan rekor lainnya yaitu menyapu bersih kemenangan laga kandang sepanjang musim. Hal ini belum mampu dilakukan satu tim pun dalam sejarah Liga Inggris.

Liverpool sebelumnya sudah memenangi 16 laga kandang. Pada tiga pertandingan terakhir di Anfield mereka bakal menjamu Aston Villa, Burnley dan Chelsea untuk bisa memecahkan rekor tersebut. Adapun lewat trofi Liga Inggris terbaru ini, Liverpool sekarang telah memiliki 19 gelar juara kasta tertinggi Inggris, hanya terpaut satu dari Manchester United. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.