Lion Air Group Fasilitasi Vaksin Gratis Bagi Penumpang dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta, Cek Persyaratannya Berikut Ini

INTREN.ID, TANGERANG – Lion Air, Wings Air, dan Batik Air yang merupakan member of Lion Air Group menyediakan vaksin gratis bagi setiap penumpang. Kebijakan tersebut berlaku mulai 3 Juli 2021 hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, vaksin gratis diberikan untuk penumpang rute dari dan ke Jakarta melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten (CGK). Pelaksanaan di area kedatangan Terminal 2 D-E, pada pukul 08.00-17.00 WIB.

“Fasilitas vaksin gratis dilaksanakan melalui proses pemantauan, serta pemeriksaan kesehatan oleh tenaga medis dengan menjaga protokol kesehatan dan keamanan Covid-19,” katanya.

Penyediaan vaksin gratis oleh Lion Air Group ini dilaksanakan sejalan mendukung percepatan program vaksinasi, sekaligus dukungan penuh terhadap percepatan bagian dari program satu juta vaksin per hari, mempercepat pembentukan kekebalan tubuh secara komunal atau herd immunity serta pengendalian dan penanganan laju angka risiko Covid-19.

“Hal tersebut guna mendorong pemulihan ekonomi Indonesia. Harapan utama, dengan semakin banyaknya jumlah penerima vaksin, khususnya dalam hal ini di sektor moda transportasi udara, perekonomian dapat segera pulih, membaik, dan menunjukkan tren positif secara bertahap.

“Lion Air Group mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang merupakan bentuk inisiasi serta sinergitas positf bersama pengelola bandara, PT Angkasa Pura II, otoritas kesehatan dan keamanan, tim medis serta pihak lainnya yang terkait, agar pelaksanaan dapat berjalan lancar, tertib, teratur serta tercapai tujuan yang diharapkan,” ujar Danang.

Adapun syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penumpang Lion Air Group dengan menunjukkan tiket atau dokumen yang berisi informasi untuk masuk atau naik ke pesawat udara (boarding pass) yang masih berlaku.
  2. Penumpang dengan keberangkatan awal (origin) dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
  3. Penumpang dengan tujuan akhir Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
  4. Membawa dan menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin dosis tahap 1, apabila bagi penumpang yang akan melakukan vaksinasi dosis tahap 2.
  5. Usia minimum 12 tahun.
  6. Anak-anak usia tersebut harus didampingi orang tua atau pendamping dewasa.
  7. Membawa kartu identitas valid dan resmi, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan Kartu Keluarga (KK) untuk anak yang belum memiliki KTP.
  8. Tetap menjalankan, memenuhi, mematuhi protokol kesehatan, menerapkan pola hidup sehat sebelum, saat dan setelah proses vaksinasi.
  9. Disarankan: menggunakan pakaian longgar dan mudah digulung, karena tindakan penyuntikan vaksin akan dilakukan di bagian lengan.
  10. Bagi penumpang yang mempunyai riwayat penyakit tertentu disarankan lebih dahulu konsultasi kepada dokter serta disarankan menerima vaksin setelah mendapatkan rekomendasi dari dokter.

“Demi kelancaran dan kenyamanan proses vaksin, setiap penumpang diharapkan datang empat jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan,” terang Danang.

Dia menjelaskan, penyelenggaraan vaksin gratis dilakukan oleh Lion Air Group dalam upaya sebagai bagian kampanye “Terbang itu Aman, Sehat dan Menyenangkan – Saya Sehat, Saya Siap Terbang”. Seluruh operasional penerbangan Lion Air Group dijalankan dengan mengedepankan faktor-faktor yang memenuhi unsur keselamatan, keamanan, kenyamanan (safety first) serta berpedoman protokol kesehatan.

“Sebagaimana ketentuan persyaratan perjalanan udara, para penumpang yang akan melakukan penerbangan wajib menjalani pemeriksaan uji kesehatan di instansi kesehatan dan telah ditandatangani oleh medis. Dalam hal ini, Lion Air Group tidak melakukan uji kesehatan kepada setiap penumpang,” tambah Danang.

Pada setiap operasional yang telah berjalan sebelumnya dan pada masa waspada pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), sambung dia, setiap penumpang yang dinyatakan laik terbang dan dapat masuk ke dalam kabin pesawat udara untuk melakukan perjalanan udara telah melalui rangkaian pemeriksaan verifikasi dan validasi dokumen, barang bawaan, dan lainnya di bandar udara keberangkatan, meliputi:

  1. Penumpang menyerahkan surat keterangan hasil uji kesehatan Covid-19 dari instansi kesehatan yang ditunjukkan penumpang kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP),
  2. KKP memeriksa dan mengesahkan dari surat keterangan tersebut,
  3. Pemeriksaan keamanan pertama (security check point 1) oleh petugas aviation security pengelola bandara,
  4. Pemeriksaan keamanan kedua (security check point 2) oleh petugas aviation security pengelola bandara.

Sistem Sirkulasi Udara Terjaga Baik

Danang juga menegaskan, seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat. HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di dalam kabin dan menyaring lebih dari 99,9 persen jenis virus, kuman, serangga dan bakteri.

“Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Untuk udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat,” jelasnya.

Peningkatan kegiatan kebersihan dan sterilisasi pesawat Lion Air Group secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) yang dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic (BAT) dan di berbagai basis bandara (base station) di mana pesawat Lion Air Group berada. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.