Lima Warga Batam Reaktif Corona, Langsung Jalani Tes Swab

INTREN.ID, BATAM – Lima warga di kawasan Pasar Mega Lagenda Batam Center langsung menjalani tes swab di Rumah Sakit Awal Bros. Hal ini dilakukan setelah Rapid Diagnosis Test (RDT) menunjukkan hasil Reaktif, Kamis (14/5/2020).

Camat Batam Kota, Aditya Guntur Nugraha mengatakan, awalnya ada sebanyak 90 warga yang menjalani RDT. Namun 85 hasilnya non reaktif dan hanya 5 orang yang mendapat hasil positif.

“Berdasarkan hal tersebut, pemeriksaan swab dilakukan kepada lima warga itu. Lima orang ini bukan pedagang, tetapi warga sekitar yang kemarin ikut menjalani RDT di pasar Mega Legenda,” kata Aditya.

Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Batam Kota langsung melakukan tes swab terhadap lima warga tersebut untuk memastikan positif atau negatif dari virus Covid-19.

Pemeriksaan dengan RDT merupakan skrining awal deteksi corona virus covid-19. Yang bisa menjadi acuan untuk dilakukan tes swab atau tidak. Agar bisa memastikan yang bersangkutan positif atau negatif Covid-19.

Pasalnya hingga saat ini hanya tes swab yang bisa untuk memastikan seseorang positif atau negatif Covid-19.

- ADVERTISEMENT -

“RDT ini langkah awal, jadi yang reaktif belum tentu positif Covid-19. Karena itu perlu dilakukan tes swab,” ungkap Aditya.

Dia mengimbau masyarakat untuk tidak panik, tetapi harus tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Hal ini juga menjadi bagian untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Karena itu Menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak harus terus dilakukan secara terus menerus,” imbuhnya.

Aditya menyebut, tim kecamatan terus dibantu Puskesmas setempat juga melakukan RDT kepada para pedagang. Karena mereka dinilai sangat rentan terpapar Covid-19. Karena setiap hari bertemu dengan ratusan orang yang berbeda. Dengan adanya proteksi sejak dini, kemungkinan meluasnya penyebaran Covid-19 bisa dicegah.

“Intinya kami ingin semua masyarakat bersama-sama komitmen memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Batam, khususnya Kecamatan Batam Kota,” tegasnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.