Lima Pasien Positif Corona di Bontang Selesai Masa Isolasi, Masyarakat Diminta Ikut Beri Dukungan

INTREN.ID, BONTANG – Per Jumat (21/8/2020) lalu, sebanyak lima pasien positif corona di Bontang telah dinyatakan selesai masa isolasi. Mereka adalah kasus BTG 20, BTG 24, BTG 25, BTG 26, dan BTG 27.

Selain itu, sebanyak 6 orang pasien yang sebelumnya dirawat di RSUD Taman Husada dinyatakan dapat melanjutkan masa isolasi di rumah atau isolasi mandiri. Mereka adalah pasien BTG 21, BTG 36, BTG 37, BTG 82, BTG 83, dan BTG 84.

Jubir Gugus Covid Bontang, Adi Permana menyampaikan, merujuk pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 Kementerian Kesehatan RI, Revisi ke -5 Bab Manajemen Kesehatan Masyarakat, perlakuan pada kasus konfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala adalah dengan melakukan isolasi mandiri di tempat isolasi khusus ataupun isolasi di rumah.

Kata dia, isolasi di rumah dilakukan setelah memperoleh pertimbangan dan asesmen dokter penanggung jawab. Ketika masa isolasi mandiri berakhir, akan diterbitkan surat keterangan sebagai dasar bahwa yang bersangkutan dapat beraktifitas kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Sehingga masyarakat diharapkan dapat mendukung dan membantu pemantauan serta menghindarkan stigma,” terangnya.

Terkait dengan isolasi mandiri di rumah kata dia, nantinya pemantauan juga akan melibatkan puskesmas dan aparat, seta RT setempat untuk membantu mengontrol jalannya isolasi mandiri suatu pasien. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.