Lebih Tiga Ribu Perusahaan di Jakarta Terapkan Work From Home

Satu Juta Karyawan Bekerja dari Rumah di Tengah PSBB

INTREN.ID, JAKARTA – Tiga ribu lebih perusahaan yang ada di DKI Jakarta menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari dari rumah bagi para karyawannya. Hal ini disampaikan Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertrans Energi) DKI Jakarta yang mencatat 3.893 perusahaan menerapkan WFH hingga Selasa (28/4/2020).

“Jumlah perusahaan yang telah melaksanakan dan melaporkan kebijakan WFH/PSBB sampai dengan Selasa, 28 April 2020 sebanyak 3.893 perusahaan. Dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 1.053.073 orang,” tulis akun resmi Disnakertrans Energi Jakarta di @disnakertrans_dki_jakarta.

Diterangkan, jumlah tersebut terbagi dalam dua kategori. Yaitu kategori pertama penghentian seluruh kegiatan dan kategori kedua pengurangan sebagian aktivitas.

- ADVERTISEMENT -

Untuk kategori pertama, sebanyak 1.342 perusahaan telah menghentikan seluruh kegiatannya di kantor selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dengan total 182.994 tenaga kerja bekerja dari rumah.

Sedangkan untuk kategori kedua tercatat 2.551 perusahaan tetap beroperasi menggunakan sistem pengurangan sebagian aktivitas. Jumlah tenaga kerja mencapai 870.079 orang yang melaksanakan kategori kedua itu.

Lebih lanjut, Disnakertrans Energi DKI Jakarta mengimbau perusahaan yang menerapkan WFH untuk segera melaporkan agar dapat terdata. “Jika sudah melaksanakan WFH/PSBB di tempat kerjamu, laporkan melalui bit.ly/laporanpelaksanaanwfh,” tulis akun Disnakertrans Energi. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.