Lebih Simpel, Kini Selesai Masa Isolasi Tidak Harus Menunggu Dua Kali Hasil Swab

INTREN.ID, BONTANG – Sebelumnya, untuk dinyatakan selesai masa isolasi harus menunggu hasil swab negatif virus corona baru (Covid-19) sebanyak dua kali. Namun kini hal tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang dr Bahauddin memaparkan, berdasarkan manajemen klinis pada kasus konfirmasi Covid-19 yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan RI, pada kasus konfirmasi corona tanpa gejala (asimtomatis) dilakukan isolasi selama 10 hari. Yaitu terhitung sejak pengambilan spesimen terkonfirmasi.

Sementara kasus konfirmasi corona dengan gelaja (simtomatis), harus mendapatkan hasil pemeriksaan tindak lanjut RT-PCR 1 kali dengan hasil negatif. Dengan ditambah minimal 3 hari setelah tidak lagi menunjukkan gejala demam dan gangguan pernapasan.

“Namun ketetapan tersebut bisa melampaui jangka waktu dengan memperhatikan kondisi pasien dan tetap menjadi keputusan dokter penanggung jawab,” terangnya.

Isolasi pada kasus konfirmasi, kata Bahauddin, dapat dilakukan mandiri di rumah maupun fasilitas yang disediakan. Seperti rumah sakit mupun rumah isolasi khusus, tergantung kebijakan dan kemampuan suatu daerah itu sendiri.

Untuk di Bontang, hal ini pun sudah terjadi pada pasien BTG 17. Pasien tersebut telah melakukan isolasi mandiri di rumah setelah tes swab menunjukkan hasil negatif sebanyak 1 kali. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.