Lawan Corona, Indonesia Siap Produksi 16 Ribu APD Per Hari

Dibuat Sesuai Kriteria WHO, Kemenperin Libatkan Asosiasi Pertekstilan

INTREN.ID, JAKARTA – Indonesia siap memproduksi 16 ribu alat pelindung diri (APD) per hari yang ditujukan penanganan virus corona baru (Covid-19). APD ini bakal diproduksi setiap hari sesuai dengan kriteria organisasi kesehatan dunia WHO.

Kesiapan Indonesia itu diungkapkan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang. Pihaknya melalui Balai Besar Tekstil Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sudah bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Kerja sama itu diperluas dengan melibatkan Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API).

“Maka sudah mampu kita produksi APD yang sesuai standar WHO. Sudah disesuaikan standar WHO. Dalam waktu dekat bisa produksi 16 ribu per hari,” terang Agus.

- ADVERTISEMENT -

Kata dia, di tengah situasi pandemi APD menjadi fasilitas pelindung utama bagi para dokter dan tenaga medis yang merupakan garda terdepan dalam menangani Covid-19. APD layanya kebutuhan utama bagi paramedis.

“Indonesia sempat mengalami kekurangan stok APD dan memicu dampak buruk pada keselamatan dokter dan tenaga medis,” sebutnya.

Banyak tenaga medis dan dokter yang menggunakan alat pelindung seadanya dan tidak layak seperti halnya penggunaan jasa hujan. Hal itu karena kurangnya pasokan APD saat situasi pandemi Covid-19 sudah terjadi. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.