Larangan Mudik Berlaku untuk Semua Daerah di Indonesia

Bisa Diperpanjang bila Dibutuhkan, Masyarakat Diminta Patuh

INTREN.ID, JAKARTA – Pemerintah kembali menegaskan larangan mudik untuk mencegah penyebaran virus corona baru (Covid-19). Dalam hal ini, larangan tersebut berlaku untuk semua daerah di Indonesia, bukan terbatas pada daerah-daerah tertentu yang rawan Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan, larangan pemerintah itu berlaku umum. Artinya berlaku secara keseluruhan di masyarakat Indonesia. Bukan hanya ditujukan daerah zona merah Covid-19 atau yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Pemerintah itu bisa melarang di manapun karena itu berlaku bagi seluruh Indonesia,” tegas Mahfud, Sabtu (25/4/2020).

Karenanya, semua warga Indonesia wajib mematuhi larangan mudik yang berlaku sejak 24 April 2020. Aparat keamanan diminta menindak semua pelanggaran dengan menghentikan warga yang hendak mudik.

- ADVERTISEMENT -

Larangan mudik ini pada dasarnya diberlakukan sampai sesudah lebaran. Tetapi jika perkembangan situasi menuntut pembatasan pergerakan orang dan barang untuk mengendalikan penularan Covid-19, kebijakan itu masih bisa diperpanjang.

“Kalau pada saat habis perpanjangan kok masih perlu diperpanjang, diperpanjang lagi sampai ada pada titik minimal untuk dikatakan aman,” sebut Mahfud.

Untuk itu dia meminta semua warga mematuhi seluruh kebijakan dan aturan yang diterapkan pemerintah. Pasalnya hal tersebut dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.