Lampaui Jakarta, Kasus Baru Corona di Jatim dan Papua Bertambah Signifikan

INTREN.ID, JAKARTA – Jumlah penambahan kasus virus corona baru (Covid-19) di DKI Jakarta terus mengalami penurunan. Di satu sisi, dua provinsi yaitu Jawa Timur (Jatim) dan Papua mengalami penambahan kasus baru yang signifikan, bahkan melampaui DKI Jakarta.

Fakta ini diungkap Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Selasa (2/6/2020). Gugus tugas mencatat penambahan kasus baru sebanyak 609 kasus sehingga kini total kasus Covid-19 di Indonesia sudah menembus angka 27 ribu, teoatnya 27.549 kasus.

“Jumlah ini tidak merupakan gambaran total keseluruhan yang menggambarkan kondisi tanah air kita. Meskipun di beberapa provinsi, kenaikan kasus terjadi,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.

Kata dia, di Jatim terdapat penambahan kasus baru sebanyak 213 kasus. Angka ini meningkat dibandingkan Senin (1/6/2020) kemarin. Pun demikian, di Papua jumlahnya meningkat 94 kasus dibandingkan hari kemarin.

Di satu sisi ada penambahan 60 kasus baru di DKI Jakarta. Bila dibandingkan hari sebelumnya, terjadi penurunan kasus baru di ibu kota negara itu.

- ADVERTISEMENT -

Dia juga menyampaikan bahwa ada kasus baru di Sulawesi Selatan sejumlah 44 kasus. Namun, dibandingkan sehari sebelumnya jumlah tersebut penurunan. Hal yang sama juga terjadi Sumatera Selatan dengan 24 kasus baru.

Sementara itu jumlah pasien sembuh meningkat 298 orang sehingga total mencapai 7.935 per hari ini. Jumlah kasus tersebut tersebar di 417 kabupaten dan kota di 34 provinsi. Sedangkan kasus meninggal, pemerintah mencatat total kematian berjumlah 1.663 orang.

Adapun lima provinsi dengan jumlah kasus positif tertinggi yaitu DKI Jakarta dengan 7.541 kasus, Jatim 5.135, Jawa Barat 2.314, Sulawesi Selatan 1.630 dan Jawa Tengah 1.432 kasus.

“Menyikapi penularan yang terjadi, kami meminta dan mengajak semua pihak untuk berkomitmen dalam menjalankan protokol kesehatan dalam rangka menghadapi kebiasaan yang baru,” sebut Yurianto. (***)

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.