Lahan Pemakaman Minim, Ini yang Dilakukan Pemkot Bontang

INTREN.ID, BONTANG – Minimnya lahan pemakaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di wilahah perkotaan, membuat Pemkot akhirnya memutar otak untuk mencari lokasi baru.

Lahan baru di wilayah Bontang Lestari, tepatnya di samping Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) digadang-gadang akan disiapkan Pemkot sebagai lokasi alternatif.

“Mudah-mudahan dengan disediakannya lahan ini warga tak kesulitan mencari tempat penguburan,” ujar Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni, Minggu (26/4/2020).

Ia menjelaskan, saat ini Pemkot Bontang telah melakukan inovasi terkait penataan pemakaman. Masyarakat lanjutnya bisa melakukan pengecekan lokasi pemakam secara online.

Inovasi layanan publik berupa Sistem Informasi Pengelolaan Pemakaman (Siloan) itu tersaji di website www.dpkppbontang.id.

Di web tersebut, masyarakat dapat mengakses data jenazah, lokasi-lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU), nama ahli waris jenazah, tanggal pernikahan dan pemakaman jenazah, serta di blok mana jenazah tersebut dikuburkan.

“Ttidak semua nama-nama jenazah bisa diakses. Jenazah bisa diakses mereka yang meninggalnya di tahun 2017,” paparnya.

Selain mencatat dan menginput, Pemkot Bontang juga telah membenahi sejumlah TPU. Kini, hampir semua TPU sudah dibagi per blok.

Hal ini untuk mempermudah masyarakat agar dapat mencari lokasi dimana jenazah dimakamkan.

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.