- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

Kuota Masih Kurang, Warga Kelurahan Batu Besar Kembalikan Bantuan Sambako Covid-19

INTREN.ID, BATAM – Setelah tidak mendapatkan jalan keluar dari permasalahan kekurang jumlah paket sembako bantuan bagi warga terdampak Covid-19, warga RW 01, Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam sepakat untuk mengembalikan bantuan sembako tahap empat yang rencananya akan didistribusikan pada bulan Agustus 2020 mendatang.

Kesepakatan tersebut disampaikan oleh Ketua RW 01 M Syahid Yusri saat melakukan pertemuan antara warga dan perangkat RT setempat, Rabu (29/7/2020).

Menurutnya, permasalahan kekurangan jumlah kuota ini telah terjadi sejak pembagian tahap satu.

Dari jumlah kuota tahap awal, yang mana tiap RT hanya menerima 70 paket sembako, pihaknya langsung menginstruksikan kepada perangkat RT untuk melakukan pendataan lagi kepada warganya. Itu sesuai arahan dari Wali Kota Batam melalui lurah setempat.

“Namun sejak kami ajukan sebelum tahap dua mulai didistribusikan, penambahan paket sembako masih jauh dari kata cukup,” kata Syahid.

Bahkan, hingga pembagian tahap empat ini, pengajuan data yang telah dilakukan sejak dulu tidak direspon oleh pihak kelurahan. Beberapa waktu lalu pihaknya juga sempat menanyakan kejelasan data penambahan penerima bantuan tersebut, namun pihak kelurahan beralasan bahwa penyerahan data tersebut telah terlambat, sehingga tidak bisa dimasukkan lagi.

“Kalau begitu tidak sesuai dengan arahan untuk mendata warga yang belum menerima bantuan. Kasihan warga yang belum menerima sejak tahap awal, dan masih belum ada kejelasan hingga tahap empat ini,” ungkapnya.

Kata dia, dari empat RT yang di bawahinya, teradapat dua RT yang kekurangan paket sembako paling banyak, yaitu RT 02 dan RT 04.

Sementara itu, ketua RT 02, Nur Basir mengungkapan bahwa pihaknya sudah menyerahkan data sejumlah 370 kepala keluarga (KK) sesuai arahan dari kelurahan untuk penambahan jumlah kuota paket sembako.

Namun sejak tahap satu hingga bantuan tahap tiga, masih mengalami kurang hingga 101 paket.

- ADVERTISEMENT -

“Beberapa cara telah kami lakukan untuk mencukupi kekurangan itu, hingga warga yang membantu pendistribusian tidak mengambil haknya mesikpun telah. Ini menjadi tekanan batin terhadap saya pribadi, saat masih ada warga yang tidak mendapatkan bantuan, namun stok juga telah tiada,” kata Basir.

Di lokasi yang sama, ketua RT 04, Hardison menyampaikan bahwa jumlah kekurangan yang terjadi di wilayahnya, dari 308 KK yang telah diajukan datanya, pihaknya baru menerima 260 paket sembako sejak tahap dua lalu.

Jadi masih ada kekurangan sebanyak 48 paket sembako lagi. “Pengajuan penambahan data ke kelurahan telah dilakukan, tapi memang belum ada informasi lanjutan dari pihak kelurahan. Dari sini, kami yang dinilai bekerja kurang baik oleh masyarakat,” ucapnya.

Dia berharap ini menjadi perhatian khusus oleh pemerintah. “Bahwa program penyaluran bantuan masih banyak kekurangan,” harapnya.

Sementara itu, Sekertaris Lurah Batu Besar, Sunariyoto mengaku telah menerima data penambahan penerima bantuan sembako tersebut sejak tahap dua.

Tak hanya dari RT 02/RW 01, namun dari beberapa RW lain juga menyampaikan adanya kekurang tersebut. Dengan jumlah untuk Kelurahan Batu Besar mencapai 650 lebih.

Dengan kapasitas yang dimiliki di tingkat kelurahan, pihaknya akan menyampaikan informasi data kekurangan tersebut kepada Tim Gugus Kecamatan Nongsa. Harapannya ada penambahan paket sembako lagi.

“Dan jumlah tersebut termasuk data dari RT 02/RW 01. Solusi dari kami hanya mampu menyampaikan informasi ini kepada pihak kecamatan,” kata Sunariyoto.

Perihal adanya pernyataan Wali Kota Batam Muhammad Rudi tentang pendataan lagi untuk meratakan bantuan, setelah tahap satu didistribusikan, Sunariyoto mengaku telah menyampaikan kepada masing-masing RT pada tahap satu.

“Telah kami sampaikan pada tahap satu, untuk pendataan warga penerima bantuan sembako. Tapi tidak bisa diajukan lagi pada tahap dua hingga saat ini, dan memang tidak ada penambahan jumlah sembako,” tutupnya. (***)

Reporter: Agung Maputra
Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.