KUA Batam Ubah Layanan Pendaftaran Pernikahan

Dilakukan Secara Online, Kemenag Bantah Kabar Soal Penghentian

INTREN.ID, BATAM – Belakangan merebak kabar di masyarakat bahwa Kantor Urusan Agama (KUA) Batam tidak lagi melayani pendaftaran pernikahan sejak 3 Maret lalu. Kabar ini kemudian diklarifikasi Kementerian Agama (Kemenag) Batam yang menjelaskan yang benar hanya perubahan pelayanan pendaftaran saja.

Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Kota Batam Dirham mengatakan, bahwa seluruh KUA di Batam tetap melayani pendaftaran pernikahan. Hanya saja kini pendaftarannya dilakukan secara daring atau online.

Perubahan ini menurut Dirham menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Nomor P-002/DJ.III/Hk.00.7/03/2020 tentang Pelaksanaan Protokol Penanganan Covid-19.

Dia mengungkap, meski KUA tetap melayani pendaftaran pernikahan, hanya saja pelaksanaan pernikahan (akad nikah) wajib dilakukan setelah tanggal 21 April mendatang.

Jika hingga saat ini masih ada akad nikah yang dilaksanakan di KUA, para calon pengantin (Catin) tersebut telah melakukan pendaftaran sebelum tanggal 1 April lalu.

Itu pun mereka harus mengikuti beberapa syarat yang telah ditetapkan KUA sesuai dengan protokol yang ada guna mencegah penyebaran virus corona baru (Covid-19).

“Untuk jumlah orang yang mengikuti prosesi akad nikah tidak lebih dari sepuluh orang dalam satu ruangan. Dari mulai Catin pria, Catin wanita, orang tua, dua orang wali, serta satu kameramen dan pihak KUA itu sendiri,” terang Dirham.

Tak hanya sabatas itu, seluruh keluarga yang telah hadir juga diwajibkan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Serta menggunakan masker lengkap dengan sarung tangan waterproof.

Untuk pelayanan pernikahan, Dirham mengatakan bisa mengunjungi situs online di alamat http://web. simkah.kemenag.go.id. Pasalnya tidak akan petugas di kantor yang melayani pendaftaran pernikahan secara langsung.

“Untuk online, hanya dilakukan pada saat pendaftaran saja. Namun pelaksanaan akad nikah harus dilakukan secara tatap muka,” jelas Dirham. Pelayanan secara daring ini sendiri hanya akan berlangsung hingga 21 April mendatang.

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.