Kontingen Sumut Sukses Raih Tiga Emas dan Empat Perunggu di Kejurnas Arung Jeram R4, Ini Kata Ketua Pengprov FAJI

INTREN.ID, MEDAN – Ketua Pengurus Provinsi Federasi Arung Jeram Indonesia Sumatera Utara (Pengprov FAJI Sumut), Ir H Soekirman mengapresiasi dan berterima kasih kepada atlet yang telah mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Arung Jeram R4 di Way Besai, Lampung, 5-10 Desember 2021.

Pada kejurnas yang diikuti 14 provinsi dan 56 tim itu mempertandingkan beberapa kategori. Untuk putra meliputi Youth Man, Juniot Man, Open Man, dan Master Man. Sedangkan sektor putri terdiri dari kategori Youth Women, Junior Women, Open Women, dan Master Women.

Pada hari pertama, FAJI Sumut meraih du emas dan tiga perunggu. Dan pada hari terakhir kembali meraih satu emas dari kategori Team Youth Man pada kelas Down River Race (DRR). Selain itu satu perunggu dari kategori Open Women yang juga merupakan atlet dari Pengurus Cabang (Pengcab) FAJI Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang dimanajeri Repoli Manurung dengan pelatih Budiman Purba.

Dengan demikian, FAJI Sumut meraih tiga emas dan empat perunggu pada Kejurnas Arung Jeram R4.

Soekirman sangat mengapresiasi perjuangan seluruh atlet, pelatih, manajer, serta judge team yang telah mengharumkan nama Sumut bermartabat di arena kejurnas.

“Terima kasih atas dukungan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, serta dukungan KONI Sumut yang dipimpin Bapak Jhon Ismadi Lubis,” sebut Soekirman.

Keberhasilan kontingen Sumut di event itu merupakan keberhasilan dari seluruh masyarakat Sumut. Selain itu, menjadi barometer kunci kesiapan FAJI Sumut untuk menghadapi PON 2024 di Aceh nantinya.

“Melihat perolehan medali kategori Youth Man yang menjadi juara umum di kelasnya, sesuai peraturan PB (Pengurus Besar) FAJI, mereka (atlet Sumut, Red.) akan mendapatkan Wild Card untuk mengikuti World Rafting Championship R4 (WRC R4) yang akan di gelar di Bosnia Herzegovina awal Juli 2022,” katanya.

Dia tak lupa mengucapkan terima kasih atas dukungan pembina FAJI Sergai Darma Wijaya yang juga bupati setempat, Wakil Bupati Sergai Adlin Umar Yusri Tambunan, serta Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai Faisal Hasrimy. Dukungan para stakeholders juga meningkatkan semangat para atlet untuk bertarung di kejuaraan ini.

Sedangkan untuk Open Women, Sumut menduduki peringkat dua nasional. Sementara Open Man menempati posisi lima nasional. Adapun medali emas diraih pada kelas sprint kategori Youth Man, kelas head to head final putra usai mengalahkan tim R4 Jawa Barat, serta kelas DRR putra.

Sementara perunggu diraih di kelas slalom, kategori Open Women oleh tim arung jeram Pengcab FAJI Sergai di kelas sprint, kelas head to head final putri usai mengalahkan DKI Jakarta, dan kelas DRR putri. (***)

Reporter: Dipa Syahbuana

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.