Kontak Erat dengan Klaster HOP, Pasien Positif Corona Bertambah Satu di Bontang

INTREN.ID, BONTANG – Pasien positif terpapar virus corona baru (Covid-19) kembali bertambah satu orang, Sabtu (22/8/2020). Pasien yang kini diberi kode sebagai kasus BTG 178 itu dinyatakan positif pasca keluarnya hasil swab PCR.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang dr Bahauddin memaparkan, pasien tersebut merupakan seorang laki-laki berusia 52 tahun. Pria yang merupakan seorang karyawan swasta tersebut diketahui pernah melakukan kontak erat dengan salah satu pasien positif corona dari klaster perumahan HOP berkode BTG 164.

Kronologisnya pada 10 Agustus lalu dia masuk kerja seperti biasa. Lalu keesokan harinya, dia diliburkan dan melakukan kontak dengan istri dan anaknya. Lalu pada 12 Agustus, dia melakukan pemeriksaan kesehatan ke salah satu RS swasta di Kota Taman.

Karena ada keluhan, pada 13-14 Agustus dirinya melakukan rawat jalan. Dan pada 15 Agustus, dia akhirnya dirawat di rumah sakit tersebut.

Berikutnya, pada 17 Agustus pasien BTG 178 itu ditetapkan sebagai suspek sehingga langsung dilakukan pemeriksaan swab PCR. Tiga hari setelahnya, sang istri pasien BTG 178 ini juga mengalami keluhan sehingga harus ikut dirawat di rumah sakit yang sama.

“Hari ini hasil swab PCR keluar dan ditetapkan terkonfirmasi positif,” ujar Bahauddin.

Dia mengingatkan bahwa sejak adanya transmisi lokal mengindikasikan bahwa virus sudah ada di tengah masyarakat. Untuk itu dirinya mengingatkan agar tetap bisa produktif dan aman di masa pandemi, harus tetap menerapkan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun.

Dengan cara selalu menggunakan masker dengan benar, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak aman. Dia mengingatkan, tidak ada wilayah yang benar-benar aman dari virus corona.

“Untuk itu selain disiplin protokol kesehatan hal penting adalah meningkatkan imunitas tubuh dengan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari serta mengonsumsi gizi seimbang. Tetap optimistis dan berdoa, bersama-sama Bontang bisa segera mengakhiri wabah ini,” tandasnya. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.